Banjir Susulan, Tim DMC Dompet Dhuafa Siaga Dampingi Penyintas Masamba

LUWUUTARA – Hujan dengan intensitas sedang yang terjadi hari ini, (4/8), menyebabkan air kembali membanjiri permukiman warga yang berada di beberapa wilayah Kecamatan Masamba, Luwu Utara, Sulawesi Selatan. Menurut keterangan salah satu Tim Respons Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa Barqu Syudjai, banjir susulan menggenangi rumah-rumah warga dengan ketinggian 1,5 meter hingga 3,5 meter di Desa Pontaden, Kecamatan Masamba. Tim dengan siaga langsung bertolak ke Desa Pontaden begitu mendengar air naik guna membantu warga mengevakuasi diri dan barang-barang mereka.

“Kronologisnya pukul 17.00 WITA tadi hujan dengan curah sedang, selang setengah jam kemudian air langsung naik menggenangi rumah-rumah warga salah satunya di Desa Pontaden. Info dari warga tadi mengatakan air cepat naik akibat hujan di Sungai Masamba yang saat ini masih mengalami pendangkalan dan adanya tanggul jebol di hulu sungai. Sebelumnya di desa ini termasuk yang terdampak banjir besar pertama pertengahan bulan lalu. Rata-rata warga yang tinggal di bantaran sungai kehilangan rumah sementara sebagian lagi yang kediamannya masih bisa dihuni sudah kembali. Akibat banjir susulan ini mereka kembali mengungsi ke rumah kerabat ataupun teras-teras ruko yang tak terdampak,” jelas Barqu.

Lebih jauh diterangkannya banjir susulan ini merupakan yang ketiga kalinya sejak banjir pertama menerjang kawasan Masamba. Banjir susulan kedua terjadi pada H+1 Hari Raya Idul Adha namun dengan ketinggian air berkisar setengah meter. Kali ini ketinggian banjir hampir sama dengan banjir besar pertama namun air banjir menggenang tanpa membawa material kayu maupun lumpur.

“Memang material banjirnya hanya air tapi arusnya cukup deras apalagi di gang-gang permukiman warga sehingga saat mengevakuasi beberapa warga digunakan tali untuk berpegang. Tadi kita respons sejak pukul 17.30 WITA sampai pukul 20.30 WITA. Kondisi terakhir banjirnya sudah agak surut tapi ketinggian air masih setinggi pinggang orang dewasa,” papar Barqu.

Meski sudah surut Tim Respons DMC Dompet Dhuafa masih bersiaga sebagai antisipasi air kembali meluap. (Ika)