Datangi Lokasi Tersisih, Tim DMC Dompet Dhuafa Bersama Komunitas Ojol Makassar Bagikan Bantuan Logistik Permakanan

LUWUUTARA – Tim Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa bersama Komunitas Ojol Makassar melakukan pembagian bantuan logistik permakanan. Bantuan ini disalurkan kepada para penyintas banjir bandang yang mendiami dua titik pos pengungsian yang ada di wilayah Petambua, Radda, Baebunta, Luwu Utara, Sulawesi Selatan. Dikatakan oleh Yusran, penanggung jawab pendistribusian bantuan logistik lokasi ini cukup sulit dijangkau karena letaknya yang agak jauh dari jalan utama dan kondisi jalan berupa perbukitan kerikil.

“Petambua merupakan satu dusun dengan cakupa daerah yang luas. Di sini sebenarnya ada pos pengungsian utama warga Petambuan yang berada di pinggir jalan aspal, namun warga yang mengungsi di dua pos pengungsian yang didatangi oleh tim memilih tetap tinggal di tempat mereka sekarang karena berbagai alasan. Sebabnya mulai dari kepemilikan lahan sendiri hingga ingin berkumpul bersama komunitas mereka. Untuk bantuan sendiri lebih banyak diterima oleh pengungsi di pos pengungsian utama dibanding di sini, maka dari itu kita beri bantuan supaya mereka lebih banyak persedian makanan,” paparnya.

Lebih jauh Yusran merincikan di dua pos pengungsian tersebut terdapat 43 kepala keluarga (KK). Terdapat 8 KK untuk pos pengungsian pertama dan 35 KK untuk pos pengungsian kedua. Selain membagikan bantuan logistik permakanan berupa bahan makanan pokok dan air mineral, di lokasi pos pengungsian pertama tim juga membagikan peralatan ibadah kepada para pengungsi.

Sementara itu, wilayah Petambua merupakan salah satu wilayah terdampak paling parah akibat banjir bandang yang melanda Kabupaten Luwu Utara pada Senin (13/7/20) lalu. Hampir semua rumah-rumah warga yang berada di salah dusun Petambua habis diterjang banjir. Dilansir dari beberapa media, pemerintah akan melakukan pembenahan hingga masa tanggap darurat bencana di sana berakhir pada 12 Agustus 2020 mendatang. (Ika)