SIGI  – Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa melalui relawan Komunitas Ayo Tolong, berpartisipasi meringankan beban warga terdampak banjir bandang di Desa Poi, Dolo Selatan, Sigi, Sulawesi Tengah. Zalindra, salah satu relawan sebutkan bahwa tim turut membantu membuka akses jalan utama dan jalur evakuasi yang tertimbun material batu dan lumpur. Selain itu juga ikut membantu warga mengamankan harta benda mereka yang masih bisa diselamatkan dan melakukan asesmen kebutuhan dan dampak.

“Hasil asesmen yang kita dapatkan setelah berkoordinasi dengan aparat terkait yakni sebanyak 35 unit rumah terendam lumpur dengan kedalaman sekitar 1 m dan 10 unit rumah rata dengan tanah akibat benturan batu dan air. Adapun korban terdampak sejumlah 45 kepala keluarga dengan rincian 184 jiwa,” papar Zalindra.

Ia lantas menjelaskan kronologi banjir bandang yang melanda Desa Poi. Banjir bandang terjadi akibat hujan dan longsor di kawasan gunung dekat desa terjadi pada Sabtu, 16 Mei 2020 pukul 01.10 WITA di dusun 1 dan dusun 2 desa tersebut. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini namun membuat warga terdampak banjir bandang mengungsi di huntara dan di rumah keluarga.

Supervisor Tim Respons DMC Dompet Dhuafa Abdul Azis katakan hingga saat ini asesmen terkait kebutuhan warga terdampak masih dilakukan oleh para relawan. Nantinya, DMC Dompet Dhuafa akan siap membantu memenuhi kebutuhan dari hasil asesmen tersebut. (Ika)