JAKARTA – Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa ikut serta dalam Diskusi Potensi Gempa dalam Literasi Bencana dan Komitmen Kesiapsiagaan yang diadakan BPBD Provinsi DKI Jakarta pada Kamis, (5/9). Diskusi tahap pertama tersebut dihadiri oleh para pegiat bencana dari berbagai lini yang ada di Jakarta dicanangkan akan menjadi agenda rutin oleh BPBD Provinsi DKI Jakarta.

DMC Dompet Dhuafa melalui Staf Pengurangan Risiko Bencana (PRB), Desi Edian Sari, katakan diskusi tersebut membahas mengenai kesiapsiagaan Provinsi DKI Jakarta dalam menghadapi bencana gempa bumi yang diperkirakan karena aktivitas pergerakan Sesar Sunda Megathrust. Namun, ditambahkannya, diskusi itu tak hanya membahas mengenai Sesar Sunda Megathrust juga mengenai sejarah gempa di Jakarta dan potensi sesar lain yang kemungkinan ada.

Trinirmalaningrum peneliti dari Perkumpulan Skala yang melakukan ekspedisi dari Selatan Jawa Banyuwangi sampai ke Banten turut hadir sebagai pembicara dalam diskusi sebutkan kesiapsiagaan menangani potensi gempa perlu direncanakan sejak dini. Sebab sejarah mencatat DKI Jakarta telah diguncang gempa sejak tahun 1699 silam. Juga pada tahun 1780, tahun 1834 dan tahun 1883 di mana gempa terjadi disertai tsunami. Beberapa dampak yang dirasakan akibat gempa tersebut yakni berubahnya aliran Sungai Ciliwung membawa sekian banyak endapan ke yang mengarah ke laut dan sempat terpicunya erupsi Gunung Salak.

“Kesiapsiagaan di sepanjang Selatan Jawa harus dibangun terus menerus, karena ada 600.000 orang yang bakal terpapar menjadi korban jika kesiapsiagaan tidak dibangun. Apalagi kalau kita lihat tata ruang Kota Jakarta, sekarang kan sudah dipenuhi oleh bangunan-bangunan. Jadi masyarakat harus paham upaya penyelamatan diri jika gempa terjadi,” jelasnya.

Di akhir, Desi tambahkan DMC Dompet Dhuafa akan terus bersama BPBD Provinsi DKI Jakarta dan pegiat bencana lain membangun kesiapsiagaan masyarakat DKI Jakarta terhadap bencana gempa, menyosialisasikan informasi terkait bencana, dan menyusun Renkon – Rencana Kontijensi Bencana Gempa. (Ika)