JAKARTA – Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa menjadi salah satu narasumber di Seminar Kerelawanan yang berlangsung di Aula Fakultas Adab dan Humaniora Kampus UIN Jakarta, Jumat (29/11). DMC Dompet Dhuafa diwakili oleh Abdul Aziz, Manajer Tim Respons membawakan materi mengenai Relawan di Kebencanaan. Materi ini relevan dengan tema seminar yakni Menumbuhkan Kepeduliaan Sosial Serta Jiwa Kerelawanan dalam Menyongsong Revolusi Industri 4.0.

“Kalau ada terjadi bencana dan kalian punya niatan untuk terjun tapi belum punya kemampuan yang mumpuni, tidak apa-apa jangan ragu untuk berbuat. Biasanya lembaga kemanusiaan contohnya seperti DMC Dompet Dhuafa akan memberi relawan baru pemahaman mengenai standar keamanan saat merespons bencana. Apalagi untuk bencana skala besar butuh banyak relawan yang membantu agar gerak di lapangan lebih efektif dan efisien,” ujar Aziz saat menyampaikan materi kepada para peserta.

Selain itu, ia juga sampaikan bahwa banyak bidang kerelawanan yang bisa diikuti oleh para relawan baru yang ingin membantu saat bencana terjadi.

“Ada banyak aspek yang harus diperhatikan saat merespons bencana, baik dari masa tanggap darurat sampai ke masa pemulihan. Ada bidang kesehatan untuk kalian yang dari Fakultas Kesehatan, bidang pendampingan psikososial bagi yang dari Fakultas Psikologi, bidang respons darurat buat yang dari latar belakang pecinta alam, dan masih banyak lainnya,” tutur aziz memberikan motivasi kepada para peserta.

Amelia, salah satu peserta dari jurusan Bahasa dan Sastra Arab mengapresiasi dan merasa termotivasi pada hal yang disampaikan Aziz. Mahasiswi semester lima ini berharap bisa mendapat kesempatan menjadi relawan guna membantu korban bencana. Ia sendiri mengaku belum ada kemampuan yang cukup mumpuni namun punya keinginan untuk belajar dan menjadi relawan pendamping psikososial anak-anak. (Ika)