JAKARTA – Tim CeKal (Cegah Tangkal) Covid-19 Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa melakukan sterilisasi dengan disinfektan bersama tim Squad PB (Penanggulangan Bencana) Indonesia. Sterilisasi dilakukan di tiga pasar di Jakarta Selatan yakni Pasar Tebet Barat, Pasar Rumput, dan Pasar Santa Tendean. Hal ini merupakan upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di tempat keramaian seperti pasar yang sering digunakan masyarakat.

“Hari ini kita kirim 4 orang untuk bersinergi bersama lembaga-lembaga lain yang tergabung di Squad PB Indonesia. Selain mengirim tim juga disertakan peralatan untuk sterilisasi disinfektan beserta kelengkapan APD (alat pelindung diri),” jelas Manajer Tim Respons DMC Dompet Dhuafa Abdul Aziz, Sabtu (21/3).

Bait, Pengurus dan Ketua Harian Squad PB Indonesia mengatakan rencananya kolaborasi antar lembaga kemanusiaan ini akan terus diadakan. Mengingat gerakan sterilisasi disinfektan bersama akan memungkinkan tim untuk bersih-bersih area yang luas.

“Harapannya setiap akhir pekan kegiatan seperti ini bisa terus squad lakukan. Sebab di hari Senin sampai Jumat masing-masing lembaga sudah punya agenda sendiri jadi kita upayakan setiap akhir pekan kita mengadakan sinergi bersama. Setelah ini rencananya akan dilakukan disinfektasi di rusunawa. Harapan lainnya juga semoga dengan adanya aksi bersama ini bisa memotivasi teman-teman di daerah lain untuk melakukan hal serupa,” tuturnya.

Kegiatan sinergi sterilisasi disinfektan Squad PB Indonesia ini dilakukan mulai pukul 08.30 WIB sampai pukul 15.30 WIB. Sebelum melakukan disinfektasi, seluruh toko dipastikan dalam keadaan tutup dan aman sehingga proses sterilisasi berjalan sesuai standar. (Ika)