JAKARTA – Tim CeKal (Cegah Tangkal) Covid-19 Disastee Management Center (DMC) Dompet Dhuafa melakukan sterilisasi dengan disinfektan di pemukiman padat penduduk. Hal ini dilakukan karena warga yang tinggal di kawasan padat penduduk rentan dengan kemungkinan terpapar karena jarak yang minim antar warga.

“Hari ini ada dua kawasan pemukiman yang dilakukan sterilisasi disinfektan yakni RT 01/02 Desa Benda Baru, Pamulang, Tangerang Selatan dan RW 14 Kelurahan Kebon Melati, Tanah Abang, Jakarta Pusat,” jelas General Manager Tim Respons DMC Dompet Dhuafa Shofa Qudus, Selasa (24/3).

Kawasan Desa Benda Baru dihuni sekitar 230 Kepala Keluarga (KK) atau sekitar 700-an jiwa untuk satu RT. Sedangkan di RW 14 Kelurahan Kebon Melati terdapat 20 KK atau tempat tinggal bagi 60 jiwa lebih.

Mengingat tingginya paparan kasus Virus Covid-19 yang terus meningkat di Jakarta, rencananya sterilisasi dengan disinfektan akan terus dilakukan di kawasan padat penduduk. Sebelumnya, Tim CeKal Covid-19 DMC Dompet Dhuafa telah melakukan penyemprotan disinfektan di 121 titik fasilitas umum sejak tanggal 15 Maret 2020 hingga hari ini.

“Upaya lain kita dalam memutus rantai penyebaran Covid-19 ini adalah dengan menggagas Sterilisation Chamber (bilik sterilisasi) yang sudah ditempatkan di empat titik. Target penempatan bilik ini juga sama, di fasilitas-fasilitas umum yang banyak dilalui masyarakat yang tidak punya kesempatan untuk work from home (WFH),” tutup Shofa.