1 Ton Lebih Bantuan Paket Hygiene Kit Diberangkatkan Menuju Ambon

AMBON – Hari ini, (25/10), bantuan berupa paket hygiene kit diberangkatkan menuju Ambon. Bantuan seberat satu ton lebih ini bertajuk “Humanitarian Aid For Ambon Earthquake” diperuntukkan bagi penyintas gempa M 6,8 yang ada di Ambon dan sekitarnya. Bantuan merupakan hasil kolaborasi antara lembaga kemanusiaan internasional CARE dengan Dompet Dhuafa.

Dijelaskan Koordinator Respons Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa untuk Gempa Ambon Erwandi Saputra, bantuan akan didistribusikan ke empat desa yang ada di Maluku Tengah. Keempat desa tersebut merupakan desa dengan dampak terparah diantaranya Desa Tulehu, Desa Rohomoni, Desa Liang dan Desa Kailolo.

“Iya jadi satu ton lebih bantuan itu sekitar 500 paket. Paket ini nantinya akan diserahkan untuk 500 KK (kepala keluarga) yang ada di keempat desa tersebut. Ada juga nanti yang akan diserahkan ke puskesmas sekitar pos pengungsian,” ujarnya, Jumat (25/10).

Bantuan diserahkan oleh kantor cabang CARE yang ada di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), kepada Dompet Dhuafa Sulsel yang kemudian diangkut menggunakan truk untuk dibawa ke pelabuhan via ekspedisi laut. Paket terdiri atas peralatan mandi keluarga, pakaian dalam, pembalut wanita, ember, gayung, deterjen, dan sarung.

“Dari informasi yang kita terima paket akan sampai sekitar tanggal 3-4 November. Sembari menunggu, kita terus aktif lakukan upaya pendampingan seperti pos medis, penyaluran logistik dan pendampingan anak untuk penyintas gempa Maluku di beberapa titik,” terang Erwandi.

Sebelumnya DMC Dompet Dhuafa juga telah lakukan distribusi 200 paket higienis kit di pos pengungsian Dusun Wainuru. Hygiene kit sangat dibutuhkan para penyintas agar meminimalisir terpapar penyakit saat mereka masih bermukim di tenda-tenda darurat. (Ika)