2 Bocah Hanyut di Sungai Ciliwung, DMC Dompet Dhuafa Terjunkan Relawan Bantu Pencarian

Bogor – Relawan Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa ikut terjun dalam pencarian korban hilang yang terbawa arus Kali Ciliwung di Kampung Peundeuy, Desa Pandansari, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor pada Minggu, 20 Juni 2021.

Berdasarkan Informasi Kabid Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, Aris Nurjatmiko mengatakan dua bocah laki-laki berinisial LK dan AL hanyut terbawa aliran sungai sekitar pukul 16.00 WIB.

“Kejadiannya sekitar jam 16.00, posisinya lagi hujan deras dan kedua anak itu lagi main sambil hujan-hujanan di pinggir kali, tak lama kemudian mereka tenggelam terbawa arus,” kata Aris.

“Setelah dilakukan pencarian, jam 17.30 salah satu korban yang berinisial LK ditemukan dalam keadaan meninggal dunia, sementara korban satunya lagi masih dalam proses pencarian,” tambah Aris.

Setelah mendapatkan informasi, DMC Dompet Dhuafa merespon kejadian tersebut dengan menerjunkan sejumlah relawannya untuk membantu proses pencarian.

“Kita bergerak dari kantor pada Senin siang, selanjutnya tim langsung melakukan koordinasi dengan pihak setempat dan tim SAR lainnya,” Ujar Barqu selaku koordinator pencarian DMC Dompet Dhuafa.

Tim rescue gabungan yang berada di lokasi dibagi menjadi 4 SRU (Search and Rescue). Tim DMC Dompet Dhuafa tergabung dalam SRU 3 dan melakukan penyisiran sejauh 4 KM dari titik nol lokasi kerjadian perkara (LKP) menggunakan perahu.

“Kita melakukan penyisiran sejauh 4 KM dari titik nol LKP, pada saat penyisiran kita cukup terkendala karena arus lumayan deras ditambah banyaknya bebatuan jadi perahu kita terhambat,” tambah Barqu.

Setelah melakukan penyisiran kurang lebih selama 5 jam, korban belum juga ditemukan. Tim SAR gabungan yang melakukan OPSAR sepakat untuk menghentikan pencarian dan penyisiran akan kembali dilanjutkan esok hari. (DMC/Salam)