Peduli Kesehatan Warga Kelurahan Benda Baru, DMC Dompet Dhuafa Lakukan Pengasapan

JAKARTA – Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa melakukan pengasapan di RT 01/02, Kelurahan Benda Baru, Kecamatan Pamulang, Tangerang Selatan. Upaya meminimalisir risiko demam berdarah ini dilakukan karena sudah ada tiga warga di wilayah tersebut yang terjangkit demam berdarah. Demikian dikatakan Narwan, Staf Respons DMC Dompet Dhufa yang menjadi salah satu petugas pengasapan.

“Di wilayah Benda Baru sudah ada tiga kasus masyarakat yang terjangkit demam berdarah. Jadi sesuai prosedur, setelah adanya kasus yang dikonfirmasi pengasapan boleh dilakukan. Ada sekitar 120 kepala keluarga (KK) dengan rincian 360 jiwa yang merasakan manfaat pengasapan sebagai bentuk kegiatan pemberantasan sarang nyamuk di RT 01/02, Keluarahan Benda Baru ini,” ujarnya.

Dilanjutkan Narwan, pengasapan dilakukan sesuai dengan waktu yang disarankan untuk melakukan kegiatan tersebut yakni pukul 08.00-11.00 WIB dan 14.00-16.30 WIB. Rentang waktu tersebut memang merupakan saat efektif sebab pada waktu aktif itulah nyamuk beraksi mengigit manusia. Jika melakukan pengasamapan sebelum masa gigit, atau di antara waktu nyamuk aktif mengigit, diperkirakan nyamuk tengah beristirahat yang justru menjadikan nyamuk kebal.

“Lalu sesuai Perda nomor 6/2007 tentang Pengendalian Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), kita telah berkoordinasi dengan aparat terkait seperti keluarahan dan puskesmas. Tanggal 3 Maret lalu, ada surat permohonan pengasapan yang dikirim oleh Ketua RT 01/02, Kelurahan Benda Baru, dan langsung kita tanggapi dengan menyatakan pertujuan untuk melakukan pengasapan,” terang Narwan. (Ika)