Akses Sanitasi Sulit, DMC Dompet Dhuafa Bangun Sarana MCK untuk Korban Gempa Maluku

MALUKUTENGAH – Warga korban gempa Maluku yang berada di Dusun Wainuru, Kecamatan Salahutu, Maluku Tengah, kesulitan menggunakan fasilitas sanitasi. Hal ini karena minimnya fasilitas umum yang tersedia di pos pengungsian. Berangkat dari hal tersebut Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa yang sejak awal mendampingi masyarakat korban gempa, membangun sarana mandi, cuci, dan kakus (MCK).

“Selama ini warga yang ingin ke kamar mandi bolak balik naik turun bukit pengungsian ke rumah mereka di kaki bukit yang terdampak gempa. Beberapa yang rumahnya mengalami rusak berat menumpang pada tetangga mereka. Maka dibangun ini supaya memudahkan keseharian mereka di pengungsian,” ujar Erwandi Saputra, Koordinator Respons DMC Untuk Gempa Maluku.

Ia menuturkan terdapat dua titik sarana MCK yang dibangun di pos pengungsian Dusun Wainuru. Satu lokasi terletak dekat sekolah darurat SDN Wabale yang juga dibangun DMC Dompet Dhuafa. Sedangkan satu titik lagi berada di belakang lingkungan sekolah dekat tenda-tenda darurat warga.

Adapun penerima manfaat dari sarana ini berkisar lima puluh kepala keluarga dengan rincian lebih dari dua ratus jiwa. Sambutan yang diberikan warga korban gempa di pos pengungsian Dusun Wainuru sangat positif terhadap pembangunan sarana MCK tersebut.

“Jadi kita support untuk bahan bangunannya. Pengelolaan dan pembangunannya dilakukan oleh warga secara gotong royong, tapi tentunya tetap bersama tim relawan kita,” jelas Erwandi.

Salah seorang warga korban gempa yang kini bermukim di pos pengungsian Dusun Wainuru, Wa Jae (39) ungkapkan rasa terima kasihnya kepada DMC Dompet Dhuafa. Ia ungkapkan kini dirinya dan banyak warga lainnya sudah lebih mudah jika ingin memanfaatkan fasilitas sanitasi. (Ika)