Aksi Tim Barzah: Bantu Evakuasi Pemakaman Jenazah Covid-19 Malam Hari

Tangerang Selatan—Pukul menunjukan waktu 19:30 WIB ketika tim Pemulasaran Barzah Dompet Dhuafa mendapatkan panggilan untuk membantu pemakaman salah seorang pasien Covid-19 berumur 90 tahun di Pondok Cabe, Tangerang Selatan (14/7/2021). Seketika itu juga, tim langsung mempersiapkan diri lengkap dengan Alat Pelindung Diri (APD) demi menerapkan protokol kesehatan.

Diketahui, mendiang pasien sedang menjalani masa isolasi mandiri akibat terpapar virus Covid-19. Namun siapa sangka, takdir berkata lain. Tepat tujuh hari selama masa isolasi mandiri, mendiang dipanggil oleh yang Maha Kuasa.

“Semoga amal ibadah almarhumah beliau diterima Allah SWT, diampuni segala kesalahannya, dilapangkan dan diberi nikmat kuburnya.,” jelas konfirmasi Irawan selaku tim kontak layanan Barzah Dompet Dhuafa ketika dihubungi.

Tim mengawal proses dari memandikan, mengkafani, menyolatkan hingga memakamkan. Hal itu juga harus kordinasi persetujuan RT, RW serta satgas Covid-19 setempat.

“Terima kasih sudah menjawab panggilan kami di waktu malam yang panjang seperti ini,” pungkas salah seorang keluarga korban.

Seusai memberangkatkan jenazah, tim Dompet Dhuafa melakukan penyemprotan rumah kediaman almarhumah untuk sterilasi dan antisipasi agar anggota keluarga yang lain tidak terpapar virus Covid-19.

Layanan pemulasaran jenazah terintegral dalam program Aksi Cekal Corona Dompet Dhuafa yang bisa diakses dengan menghubungi call center Crisis Center Covid-19 Dompet Dhuafa di nomor 08111617101 (Whatsapp Only). Melalui nomor tersebut juga masyarakat bisa mengakses layanan penanganan Covid-19 yang lainnya.