Antisipasi Risiko di Jembatan Rusak, DMC Dompet Dhuafa Pasang Spanduk Himbauan

LEBAK – Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa memasang spanduk himbauan di jembatan Sungai Ciberang yang rusak. Pasalnya beberapa warga kerap kali melintasi kawasan berbahaya ini untuk sekadar melihat maupun berswafoto. Padahal jembatan yang diterjang banjir bandang itu mengalami kerusakan hampir di sepanjang jembatan bahkan hingga putus di salah satu sisinya. Demikian diungkapkan Sanadi, Koordinator Tim Respons DMC Dompet Dhuafa untuk Banjir Bandang dan Tanah Longsor di Lebak pada Minggu (19/1).

“Beberapa kali ada warga yang datang seperti sedang berwisata bencana. Tentu hal tersebut perlu menjadi perhatian karena jembatan sudah tidak utuh lagi. Sebagai antisipasi dipasanglah spanduk peringatan supaya timbul kesadaran pada warga bahwa ini sarana yang berbahaya,” terangnya.

Terpantau sejak dipasangnya spanduk himbauan itu, tidak ada lagi warga yang melintas di sekitar jembatan. Kini pengunjung yang ingin melihat dan mengabadikan foto mengambil gambar dari sisi sungai saja.

Jembatan tersebut merupakan jembatan permanen yang menghubungkan Desa Sajira Barat dengan Desa Sajira Timur. Akibatnya warga cukup terhambat untuk beraktivitas. Menilik hal itu, DMC Dompet Dhuafa dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengoperasikan penyebrangan memakai perahu karet untuk membantu kebutuhan warga beraktivitas. (Ika)