Banjir Bandang Sigi, DMC Dompet Dhuafa Bantu Penuhi Kebutuhan Pengungsi

SIGI – Banjir Bandang melanda Desa Bolapapu, Kecamatan Kulawi, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, pada Kamis (12/12) lalu. Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa melakukan respons cepat pada peristiwa ini. Sejak hari pertama kejadian DMC Dompet Dhuafa telah menggulirkan banyak bantuan diantaranya membuka Dapur Umum, menyediakan Pos Hangat, mendistribusikan logistik dan perlengkapan, serta membantu membersihkan rumah warga terdampak.

Dijelaskan Supervisor Tim Respons DMC Dompet Dhuafa Abdul Azis, DMC Dompet Dhuafa bergerak melalui jaringan relawan di Komunitas Ayo Tolong yang ada di Sulawesi Tengah. Para relawan yang berada dekat dengan lokasi kejadian ini secara sigap membantu mendata kebutuhan mendesak warga yang harus segera dipenuhi.

“Kebutuhan logistik menjadi kebutuhan mendesak untuk para pengungsi sehingga kita mendirikan Dapur Umum di SD BK Bolapapu. Sekira 52 keluarga atau 231 jiwa merasakan manfaat keberadaan Dapur Umum. Kemudian ada juga distribusi kelambu untuk kelompok rentan balita dan distribusi 1 unit genset guna memenuhi kebutuhan penerangan posko induk Desa Bolapapu,”demikian dikatakan Azis, Senin (23/12).

Selain itu, tim juga melakukan respons pada banjir Desa Poi, Kecamatan Dolo Selatan, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, pada Minggu (8/12) lalu. Banjir ini mengakibatkan ratusan orang mengungsi. DMC Dompet Dhuafa juga turut mendampingi para korban sejak hari pertama banjir terjadi.

“Selain bantu pengadaan Dapur Umum dan Pos Hangat, kita sediakan juga 30ribu liter air bersih yang diangkut menggunakan mobil tangki. Ketersediaan air bersih sangat penting, mengingat sumber air yang terbatas di lokasi pengungsian karena sumber air tercampur oleh material lumpur yang terbawa banjir,” terang Azis.