Banjir Bandang Terjang Sigi, DMC Dompet Dhuafa Kirim Bantuan


SIGI – Banjir bandang disertai lumpur menerjang permukiman warga di Desa Poi Kecamatan Dolo Selatan, Sigi, Sulawesi Tengah pada Minggu, (8/12). Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun sejumlah rumah warga rusak dan terendam lumpur. Sekitar 23 kepala keluarga (KK) yang terdampak memilih mengungsi ke SDN Inpress Balongga Desa Poi. Demikian diterangkan Staf Respons DMC Dompet Dhuafa Erwandi Saputra, Kamis (12/12).

“Kemarin dengar kabar dari relawan lokal di Palu mengenai banjir ini. Setelah itu langsung diarahkan untuk melakukan giat respons. Berdasarkan data yang dikutip dari BPBD setempat ada 13 rumah terdampak dengan 23 KK atau sekitar 115 jiwa yang masih mengungsi. Nah ini dibantu dengan mendistribusikan 25 paket peralatan tidur, paket sembako, dan hygiene kit,” ungkapnya.

Selain bantuan di atas, dikatakan Erwandi, DMC Dompet Dhuafa juga melakukan penyediaan air bersih bagi para pengungsi. Setiap hari disediakan 30ribu liter air bersih yang diangkut menggunakan mobil tangki. Ketersediaan air bersih sangat penting, mengingat sumber air yang terbatas di lokasi pengungsian karena sumber air tercampur oleh material lumpur yang terbawa banjir.

Dilansir dari berbagai sumber, banjir diperkirkan disebabkan penurunan kualitas hutan di gunung yang terletak bagian barat desa tersebut. Sehingga banjir juga membawa material kayu dan batu. Akibatnya sejumlah rumah warga, tempat ibadah, dan sekolah terendam. Bahkan akses Palu-Bangga di Desa Poi atau jalan trans provinsi yang menghubungkan Kota Palu dan Kabupaten Sigi sempat tertutup, karena terdampak lumpur dan material yang dibawa air. (Ika)