Banjir Merendam Kawasan Langsa, DMC Dompet Dhuafa Terjunkan Tim Relawan

LANGSA – Bencana banjir merendam kawasan Langsa, Aceh pada Selasa, (12/11) lalu. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat menyebut banjir melanda sepuluh dari lima puluh satu desa di kawasan tersebut. Data BPBD menunjukkan sekitar 410 kepala keluarga terdampak. Disaster pManagement Center (DMC) Dompet Dhuafa sebagai lembaga kebencanaan yang sigap langsung menerjunkan tim relawan untuk membantu para penyintas banjir.

Staf Respons DMC Dompet Dhuafa yang mengkoordinir relawan banjir Langsa, Ahmad Yamin ungkapkan bahwa tim relawan telah diterjunkan sejak masa tanggap darurat.

“Sampai sekarang tim relawan di lapangan masih membersamai para penyintas banjir Langsa. Kita masih terus berkoordinasi dengan tim relawan terkait kebutuhan apa saja yang perlu diberikan,” tuturnya, Selasa (26/11).

Doli, Koordinator Tim Relawan DMC Dompet Dhuafa untuk Banjir Langsa mengungkapkan bahwa tim telah membantu masyarakat terdampak banjir sejak masa tanggap darurat dengan membuka layanan Dapur Umum dan membantu proses relokasi.

“Dapur Umum kemarin menyediakan kebutuhan logistik untuk kurang lebih 140 kepala keluarga. Saat ini kondisi berangsur pulih. Warga yang kondisi rumahnya masih bagus sudah mulai kembali dan beraktivitas normal. Kalau yang rumahnya mengalami kerusakan memilih mengungsi ke rumah kerabat,” ujarnya.

Rencananya, dilanjutkan Doli, tim relawan akan membagikan paket higienis kita untuk 250 kepala keluarga di Dusun Jawa Lorong Tanjung Putus, Langsa Kota, Langsa, Aceh di masa pemulihan ini. Sebab pascabanjir warga rentan terkena penyakit akibat lingkungan bekas banjir yang biasanya kotor. (Ika)