Bantu Kebutuhan Warga yang Isoman, Relawan DMC Dompet Dhuafa Hadirkan Layanan Dapur Umum

Tangerang Selatan – Indonesia saat ini sedang berada dalam kondisi yang tidak baik, angka kenaikan Covid-19 kian hari semakin naik. Para penderita Covid-19 tentu membutuhkan perhatian dan bantuan. Tak hanya bantuan dari segi kesehatan tapi support makanan siap santap juga mereka butuhkan.

Mengingat para penderita yang sedang melakukan Isolasi Mandiri (Isoman) di rumah memiliki keterbatasan dalam memenuhi kebutuhan dasarnya, maka dari itu Dompet Dhuafa melalui Tim Disaster Management Center (DMC), berinisiatif membuka layanan dapur umum guna mensupport kebutuhan makan para penderita Covid-19.

Kegiatan Dapur Umum ini merupakan salah satu program Covid-19 Crisis Center Dompet Dhuafa yang saat ini sedang berjalan. Pada Kamis, 8 Juli 2021 layanan Dapur Umum pertama kali dibuka di RW 07, Kelurahan Pisangan, Kecamatan Ciputat Timur, Tangerang Selatan.

Achmad Yamin selaku Koordinator Layanan Dapur Umum Dompet Dhuafa menyatakan bahwa program Dapur Umum akan dibuka di 10 daerah zona merah yang berada di Jabodetabek.

“Rencanaya dapur umum ini akan kita buka di sepuluh titik di daerah yang zonanya merah. Masing-masing titik itu sekitar satu minggu hingga sepuluh hari,” tutur Yamin.

Pendistribusian makanan siap santap yang diberikan oleh Tim Dapur Umum kepada warga penderita Covid sebanyak tiga kali yaitu pagi, siang, dan malam. Sementara untuk jumlahnya menyesuaikan dengan jumlah yang terpapar di wilayah tersebut.

“Kita melakukan distribusi tiga kali yaitu pagi, siang dan malam. Hari ini kita mendistribusikan sebanyak 360 makanan siap santap,” tambah Yamin.

Layanan Covid-19 Crisis Center Dompet Dhuafa terdiri dari Layanan Ambulans Covid, Layanan Isoman berupa Obat dan Pemantauan Berkala, Support Oksigen, RS Lapangan Covid-19, Layanan Pemulasaran Jenazah, Layanan Psikolosial dan Religi, dan Food for Dhuafa.

Masyarakat dapat mengajukan ajuan layanan Covid-19 Crisis Center dengan menghubungi nomor hotline 08111617101. (DMC/Salam)