Bantuan Logistik untuk Pengungsi Wamena Mulai Disalurkan

WAMENA – Pengiriman bantuan logistik dari Dompet Dhuafa ke pengungsi yang ada di Wamena mulai disalurkan hari ini, Kamis (3/10). Eka Suwandi, Koordinator Tim Respons Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa sebutkan tadi pagi tim berangkat bersama relawan kemanusiaan lain yang akan menyalurkan bantuan di Wamena menggunakan pesawat Hercules milik TNI AU.

Eka merincikan beberapa pos pengungsian yang berhasil disambangi untuk distribusi logistik hari ini. Diantaranya dapur umum Kodim 1702/Jayawijaya dan Distrik Walesi Kabupaten Jayawijaya.

“Kalau di Distrik Walesi kita membagi bantuan di Kampung Minuba, Kampung Tulima, Kampung Asso Yelipele,” terangnya pada Kamis, (3/10).

Untuk diketahui kondisi di Wamena setelah kerusuhan yang terjadi, Senin(23/9) lalu berangsur mulai normal. Meski demikian masih banyak warga yang memilih mengungsi di pos-pos pengungsian sebab masih dirundung kecemasan kerusuhan akan kembali terjadi. Berdasarkan data yang dihimpun Kementerian Sosial hingga Rabu, (23/9) tercatat pengungsi di Wamena saat ini sebanyak 4.844 jiwa dengan jumlah terbanyak di Kodim 1702/Jayawijaya yakni 2.102 jiwa.

Sebagai lembaga kemanusiaan DMC Dompet Dhuafa bersama Layanan Kesehatan Cuma-cuma (LKC) Papua terus berkomitmen untuk memberikan pendampingan pada pengungsi konflik sosial Wamena. (Ika)