Berikut Contoh Teknologi Ramah Lingkungan yang Wajib Kamu Ketahui!

Lingkungan hidup yang menjadi tempat tinggal manusia dan mahluk lainnya seharusnya dijaga dan dirawat kelestariannya. Namun masih banyak orang yang tidak peduli bahkan mereka justru merusak kelestarian lingkungan.

Kerusakan lingkungan hidup ditandai dengan berkurangnya atau hilangnya sumber daya air, tanah, udara, kerusakan ekosistem serta punahnya flora dan fauna.

Dampak dari kerusakan lingkungan hidup salah satunya menjadi pemicu terjadinya bencana seperti banjir dan tanah longsor. Tidak hanya bencana, isu pemanasan global akibat kerusakan lingkungan hidup juga sudah sering kita dengar pembahasannya melalui berbagai macam media.

Oleh Karena itu, agar lingkungan kita tetap terjaga kelestariannya, maka harus ada upaya yang dilakukan salah satunya dengan cara menciptakan berbagai macam teknologi ramah lingkungan demi mencegah kerusakan alam yang terus terjadi.

Teknologi ramah lingkungan merupakan suatu metode yang pelaksanaannya mengacu pada wawasan untuk mencapai suatu tujuan serta memperhatikan kaidah-kaidah lingkungan disekitarnya.

Dikutip dari berbagai sumber  berikut merupakan contoh teknologi ramah lingkungan yang wajib kamu ketahui :

Biogas

Tidak akan ada yang sadar bahwa kotoran hewan dapat dijadikan sebuah energi untuk memenuhi kebutuhan manusia. Biogas dihasilkan oleh aktivitas fermentasi bahan-bahan yang organik. Namun, tidak hanya kotoran hewan, kotoran manusia dan limbah domestik juga dapat dimanfaatkan sebagai biogas. 

Mengapa kotoran kotoran ini dapat dijadikan sumber energi? Kotoran merupakan sebab adanya karbondioksida dan metana pada kotoranlah yang dimanfaatkan sebagai bahan bakar kendaraan maupun listrik. Selain hemat biaya, bahan bakar biogas ini lebih ramah lingkungan dan menjadi solusi cerdas dalam pengelolaan limbah.

Mobil Listrik

Ketersediaan bahan bakar yang semakin hari semakin menipis membuat banyak inovasi baru bermunculan. Karenanya, inovasi seperti mobil listrik yang lebih ramah lingkungan ini bisa menjadi salah satu solusinya. 

Meskipun jumlahnya masih tidak sebanding dengan mobill konvensional, diharapkan pengguna mobil listrik ini terus meningkat setiap tahunnya. Selain ramah lingkungan, perawatannya pun lebih mudah.

Panel Surya

Selanjutnya, contoh teknologi ramah lingkungan adalah panel surya. Teknologi yang satu ini dapat mengubah energi matahari menjadi energi listrik. Ada berbagai kelebihan dari panel surya ini di antaranya yaitu tidak akan menghasilkan gas rumah kaca, energi yang didapatkan terbilang cukup besar, bisa dipindahkan dan juga dikembangkan.

Biopori

Teknologi yang juga harus Anda ketahui pada bidang lingkungan adalah biopori. Teknologi ini dibuat untuk resapan air. Untuk bentuknya sendiri merupakan lubang silindris yang dibuat vertikal di dalam tanah.