Bersama 83 Lembaga Kemanusiaan Lain, DMC Dompet Dhuafa Hadiri Apel Relawan Siaga Banjir

JAKARTA – Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa bersama 83 lembaga kemanusiaan lain mengikuti Apel Relawan Siaga Banjir. Kegiatan berlangsung di Lapangan Balai Kota Provinsi DKI Jakarta, Sabtu (14/12). Acara yang digelar oleh satuan lembaga kemanusiaan yang tergabung dalam Squad Penanggulangan Bencana (PB) Indonesia, dihadiri oleh Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Saefullah.

Dalam kata sambutannya ia mengimbau agar pemerintah dan masyarakat bisa bersinergi saat menangani bencana.

“Bencana tidak dapat ditangani oleh pemerintah saja, tetapi harus melibatkan sinergi, kerjasama, dan kolaborasi dengan berbagai pihak atau organisasi masyarakat. Jadi jika terjadi bencana, penanganannya bisa cepat dan tepat tanpa harus menimbulkan korban jiwa,” terang Saefullah.

Abdul Azis, Supervisor Tim Respons DMC Dompet Dhuafa tambahkan apel ini penting dilaksanakan sebagai bentuk komitmen kesiapsiagaan banjir. Apalagi Kota Jakarta secara geografis hampir 40% merupakan dataran rendah, yang artinya berada di bawah permukaan laut. Selain itu, dilewati 13 aliran sungai yang hulunya berasal dari luar Jakarta dan memiliki curah hujan ekstrem.

“Lembaga yang hadir di sini adalah yang tergabung di Squad PB Indonesia. Sebagai bentuk kesiapsiagaan, para lembaga membawa serta sarana transportasi berupa mobil rescue, perahu dan ambulans. Kita juga membawa serta mobil Dapur Keliling yang tadi sempat melayani para peserta apel yang membutuhkan logistik makan dan minum,” ujarnya.

Setelah apel berakhir, perwakilan tiap lembaga saling berkoordinasi untuk memperkuat sinergi. Salah satu hal yang diwacanakan adalah membuat ikrar sinergi kesiapsiagaan antarlembaga. (Ika)