Dapur Ramadan Sediakan Menu Berbuka Puasa untuk 2600 Penyintas Gempa Malang

Malang, Jawa Timur—Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa bersama relawan yang tergabung dalam Dompet Dhuafa Volunteer Jawa Timur (DDV Jatim) mendirikan Dapur Ramadan di posko pengungsian gempa bumi. Sebelumnya gempa bumi mengguncang wilayah Malang pada Sabtu lalu (10/4/2021).

Bersamaan dengan itu, DMC Dompet Dhuafa dan DDV Jatim tengah mendirikan Dapur Ramadan semenjak hari Senin lalu (12/4/2021). Dapur Ramadhan sendiri merupakan dapur umum untuk mengolah aneka macam makanan dan minuman bagi penyintas bencana. Bersama dengan warga penyintas sekitar, relawan-relawan Dompet Dhuafa saling bantu-membantu untuk melaksanakan kegiatan ini.

“Untuk belanja sendiri membutuhkan waktu sekitar satu jam dari lokasi pengungsian ke pasar”, terang Erwandi Saputra melalui pesan singkat selaku penanggungjawab kegiatan Dapur Ramadan di Malang (20/4/2021).

Persebaran lokasi Dapur Ramadan menyasar dua titik dusun: Dusun Krajan dan Dusun Sukoanyar, Wirotaman, Ampelgading, Malang. Dengan masing-masing setiap harinya menyediakan 200 kotak menu berbuka puasa. Hingga kini Dapur Ramadan telah menyediakan sebanyak 2600 kotak untuk masing-masing penyintas.

“Rencananya setelah kegiatan ini akan digencarkan juga kegiatan lainnya seperti distribusi matras atau terpal dan PFA (Psychological First Aid)”,sambung Erwandi Saputra atau yang kerap disapa Bojek.

“Saya dan keluarga yang lain berterima kasih sekali dengan bantuan adik-adik relawan semua, karena rumah saya rusak parah. Sehingga sulit untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari”, ucap Ibu Lila sambil menahan tangis.