Dini Hari Tadi, Tim Respons DMC Dompet Dhuafa Evakuasi Seorang Bayi Berusia Enam Bulan

 


JAKARTA – Dini hari tadi, Tim Respons Banjir Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa mengevakuasi seorang bayi berusia enam bulan. Evakuasi dilakukan di RT 08 RW 09, Kelurahan Cawang, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur. Selain mengevakuasi bayi tersebut, tim respons turut mengevakuasi empat orang dewasa keluarganya. Demikian diterangkan salah satu tim penyelamat dalam respons ini, Ade Gogon.

“Saat itu menjelang pukul 23.00 WIB orang tua bayi tersebut menelepon ke call center setempat. Ada beberapa tim evakuasi yang lain namun sebab sudah larut malam dan arus cukup deras, mereka urung melakukannya. Akhirnya kita putuskan untuk lakukan evakuasi karena mereka sudah terjebak sejak subuh kemarin. Proses evakuasi selesai sekitar pukul 03.00 WIB esoknya,” ujar Ade, Kamis (2/1).

Ia tambahkan proses evakuasi memang cukup sulit dilakukan. Selain arus deras, gang menuju rumah evakuasi lumayan sempit untuk dilalui perahu sejenis kayak. Juga posisi rumah bayi yang akan dievakuasi itu berada di bantaran sungai, sudah diapit oleh rumah-rumah lain yang mengalami banjir setinggi atap. Evakuasi dilakukan dengan menggunakan perahu sejenis kayak yang ditarik dengan tali tambang lempar sepanjang 100 m lebih.

“Keluarga tersebut sudah beberapa kali mengalami banjir. Jadi mereka punya semacam loteng untuk tempat evakuasi tapi tidak menyangka banjirnya terus naik. Sehingga malam itu mereka meminta untuk dievakuasi. Kondisi bayi tidak mengalami kelaparan atau kedinginan ya, ibunya telah menyiapkan kebutuhannya sembari mengungsi sementara. Syukurlah tadi semua bisa dievakuasi dengan selamat walau gerimis sempat turun,” papar Ade.

Kini bayi dan keluarganya mengungsi di pos pengungsian RW 09 Kelurahan Cawang. (Ika)