DMC Dompet Dhuafa Bangun Kembali Masjid yang Rusak Pascadilanda Longsor  

KONAWEUTARA – Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa membangun kembali Masjid At-Taqwa di Desa Alaawanggudu, Asera, Konawe Utara, Sulawesi Tenggara. Sebelumnya masjid tersebut alami kerusakan pascaditimpa langsor akibat banjir hebat yang melanda kawasan tersebut pada bulan Juni silam. Peristiwa longsor menyebabkan disfungsi masjid hingga harus didirikan masjid darurat.

Dipaparkan Staf Recovery DMC Dompet Dhuafa Eka Suwandi, pemugaran masjid telah dilakukan sejak bulan Agustus.

“Sekarang hampir mencapai tahap penyelesaian. Semula masjid daruratnya belum ada dindingnya, sarana prasarana solatnya terbatas, lantainya masih tanah, dan banyak hal lainnya yang kini sudah dilengkapi,” jelasnya.

Endriyanti, Kepala Desa Alaawanggudu ungkapkan rasa terima kasihnya kepada DMC Dompet Dhuafa yang bersedia membangun kembali masjid. Saat kondisi masih rusak, warga yang ingin melaksanakan shalat di masjid terpaksa harus ke masjid desa sebelah. Apalagi masjid ini merupakan satu-satunya masjid di desa tersebut.

“Di saat sedang ditimpa musibah banyak masyarakat yang ingin menenangkan diri dengan beribadah. Kalau masjidnya nyaman seperti habis direnovasi inikan ibadahnya bisa lebih khusyu’,” tutur Endriyanti.

Untuk diketahui Desa Alaawanggudu, Asera, Konawe Utara, Sulawesi Tenggara, merupakan salah satu desa dengan dampak terparah pascabanjir. Semua rumah warga tertimbun material tanah yang terbawa arus banjir yang mengakibatkan warga mengungsi. DMC Dompet Dhuafa merupakan salah satu lembaga kemanusiaan yang konsisten mendampingi masyarakat mulai dari fase respons hingga transisi pemulihan. (Ika)