DMC Dompet Dhuafa Bangun Kesadaran Pentingnya Simulasi Mitigasi Berkala di Sekolah

LOMBOKUTARA – Pelatihan Sekolah Madrasah Aman Bencana (SMAB) yang digelar Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa untuk memasuki hari terakhir. Kepada para peserta perwakilan 12 sekolah di Lombok Utara, Staf Pengurangan Risiko Bencana (PRB) DMC Dompet Dhuafa Tri Febriani sampaikan pentingnya simulasi mitigasi gempa secara berkala di sekolah.

“Kalau bisa sebulan sekali atau maksimal tiga bulan sekali untuk simulasi mitigasi gempa. Supaya upaya kesiapsiagaan ini menjadi kebiasaan untuk para siswa, bukan sesuatu yang asing lagi. Apalagi tidak bisa dipungkiri potensi terbesar di Lombok masih gempa bumi,” pungkasnya, Rabu (5/1).

Pada pelatihan di hari terakhir ini para guru peserta membimbing langsung siswa-siswi Mts Tarbiyatul Islamiyah melakukan simulasi gempa. Simulasi dimulai dengan membunyikan sirine penanda gempa bumi terjadi. Guru yang tengah berada di kelas kemudian membimbing siswa melakukan upaya awal dengan merunduk di bawah meja sembari melindungi kepala dan tengkuk menggunakan tangan. Setelah gempa berhenti, siswa-siswi diarahkan dengan tertib menuju lapangan terbuka.

“Melalui simulasi ini juga peran guru bisa dilakukan. Siapa guru yang bertugas mengecek jumlah siswa, yang menenangkan orang tua siswa, yang memastikan siswa dijemput orang tuanya dan banyak sebagainya. Selain itu, tentunya membuat warga sekolah familiar pada jalur evakuasi sekolah,” tutup Tri. (Ika)