DMC Dompet Dhuafa Beri Sosialisasi Karhutla di SD Islam Fitrah Al-Fikri

DEPOK – Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa beri sosialisasi kepada siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) Islam Fitrah Al-Fikri, Depok, Jawa Barat. Sosialisasi ini dilakukan di aula lantai tiga gedung SD Islam Fitrah Al-Fikri pada, Rabu (2/10). Menurut pemaparan Staf Pengurangan Risiko Bencana (PRB) DMC Dompet Dhuafa Tri Febriani sosialisasi ini merupakan rangkaian acara serah terima donasi dari pihak sekolah kepada Dompet Dhuafa mengenai Safe School yang diadakan di sekolah-sekolah terpapar kabut asap di Kalimantan dan Sumatera.

Pada kesempatan ini, kata Riri, siswa-siswi diberi tahu mengenai apa itu kebakaran hutan dan lahan (karhutla), penyebab terjadinya, bagaimana mengatasinya, risiko karhutla, serta cara meminimalisir kabut asap yang ditimbulkan karhutla. Sosialisasi juga menghadirkan tim respons DMC Dompet Dhuafa yang baru pulang dari aksi respons penanganan karhutla di Kalimantan guna berbagi pengalaman menangani karhutla dan kabut asap.

“Sosialisasi kali ini guna memberi pengetahuan pada adik-adik di sini tentang keadaan teman-teman mereka yang terpapar kabut asap akibat karhutla di Sumatera dan Kalimantan. Jadi kita mendorong agar tumbuh rasa empati mereka pada sesama walau jaraknya jauh sekalipun,” terang Riri.

Adapun beberapa hal yang disampaikan dalam sosialisasi ini seperti yang dipaparkan Ahmad Yamin, Tim Respons DMC untuk Karhutla Kalimantan, yakni mengenai Safe School. Safe School yang telah dibangun Dompet Dhuafa di beberapa titik di Kalimantan dan Sumatera ini merupakan ruang kelas yang dirancang untuk meminimalisir paparan kabut asap. Ia menjelaskan bahwa peralatan yang dibutuhkan untuk membuat Safe School anatar lain busa dakron untuk tiap ventilasi di kelas, tirai kain di pintu dan jendela, exhaust fan, kipas angin, akuarium dengan ganggang untuk fotosintesis dan tanaman yang bisa menyaring udara kotor seperti Suplir.

Di akhir kegiatan sosialisasi, siswa-siswi SD Islam Fitrah Al-Fikri mengumpulkan donasi untuk pembangunan Safe School di sekolah teman-teman mereka yang terpapar kabut asap di Sumatera dan Kalimantan. Donasi disalurkan melalui Dompet Dhuafa. (Ika)