DMC Dompet Dhuafa Berpartisipasi Dalam Bulan Nasional Pengurangan Risiko Bencana di Bangka Belitung

BANGKABELITUNG – Sebagai lembaga garda terdepan dalam pengelolaan kebencanaan, Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa ikut berpartisipasi dalam Bulan Nasional Pengurangan Risiko Bencana (PRB) Nasional. Acara ini merupakan agenda tahunan yang digelar oleh Badan Naisonal Penanggulangan Bencana (BNPB). Tahun ini acara berlangsung mulai dari 11-13 Oktober 2019 bertempat di Provinsi Bangka Belitung dengan tema “Pengurangan Risiko Bencana Berbasis Ekosistem dan Investasi”.

Ahmad Baihaqi, Staf PRB DMC Dompet Dhuafa menyampaikan booth DMC bisa dikunjungi di lorong tiga nomor 47 dan 48, Alun-alun Taman Merdeka, Pangkal Pinang, Bangka Belitung. Di booth tersebut disediakan berbagai macam instrumen terkait bencana bagi para pengunjung. Seperti poster mitigasi, buku, permainan untuk pengunjung anak-anak dan tv yang menayangkan kegiatan DMC sekaligus tips-tips siaga menghadapi bencana.

“Tadi stan kita sudah dikunjungi oleh beberapa pengunjung termasuk dari Kepala BNPB Mayjen Doni Monardo. Beliau mengapresiasi stan DMC yang menyediakan permainan tradisional Engklek (Caklingking dalam bahasa daerah Bangka Belitung) sebagai media untuk mengedukasi anak-anak sejak usia dini. Seperti kita ketahui, jenis permainan Engklek ini sudah mulai ditinggalkan anak-anak Indonesia. Nah, untuk pengunjung kita sediakan juga hadiah berupa tumbler dan kaos bagi mereka yang bisa menjawab pertanyaan atau memenangkan permainan yang tersedia,” jelas Baikhaki, Jumat (11/10).

Selain itu, lanjutnya, pengunjung bisa berdiskusi langsung mengenai pengelolaan kebencanaan dengan tim DMC Dompet Dhuafa yang telah melaksanakan banyak kegiatan baik mitigasi, respon dan pemulihan bencana. Salah satunya pengelolaan Kawasan Tanggap Bencana (KTB) yang merupakan kegiatan PRB untuk wilayah dengan kerentanan tinggi. Apalagi dalam pengelolaan KTB, ekosistem dan investasi di kawasan tersebut selalu menjadi bahan fokus untuk dikembangkan. (Ika)