DMC Dompet Dhuafa Dampingi Sekolah-sekolah di Lombok Utara Kenali Potensi Bencana

LOMBOKUTARA – Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa masih melakukan pelatihan kepada perwakilan sekolah-sekolah di Lombok Utara. Pelatihan yang memasuki hari kedua ini mulai melibatkan penuh keaktifan para guru mengenali potensi bencana yang ada di sekitar sekolah mereka. Demikian dikatakan Tri Febriani, Staf Pengurangan Risiko Bencana (PRB) DMC Dompet Dhuafa pada Selasa (4/2).

“Dari sesi diskusi tadi, ditemukan beragam potensi bencana yang ada di 11 sekolah-sekolah di kawasan Lombok Utara. Tidak hanya gempa, tapi juga tsunami, angin puting beliung, serta kekeringan. Bencana-bencana tersebut merupakan urutan pertama dari daftar potensi bencana yang berhasil digali para peserta berdasarkan kondisi sekolahnya,” terang Tri.

Setelah menggali dan mengenali potensi bencana, para peserta diskusi didampingi pemateri dari DMC Dompet Dhuafa melakukan upaya-upaya Pengurangan Risiko Bencana (PRB). Salah satunya dengan mempersiapkan jalur evakuasi sesuai kondisi sekolah untuk ancaman bencana sesuai karakteristik geografisnya.

Salah satu peserta dari Ponpes Madrasah Ibtidaiyah (MI) Tarbiyatul Islamiyah Hamamah mengatakan potensi terbesar yang berada di lingkungan sekolah adalah gempa bumi. Maka dari itu ia bersyukur sebab Dompet Dhuafa telah membangun sekolah aman gempa yang menjadi kapasitas sekolah dalam menghadapi bencana.

“Dari kemarin juga kita peserta sudah diberi tahu tentang PRB, pengenalan sekolah aman bencana, pertolongan pertama, hingga tadi materi ruang belajar sementara ramah anak. Semoga pelatihan seperti ini bisa dilakukan juga di daerah lain yang punya risiko bencana,” pungkasnya. (Ika)