DMC Dompet Dhuafa Gelar Pelatihan Kesiapsiagaan Kepada Guru-guru di Sekolah Tanah Tingal

TANGERANG – Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa memberikan pelatihan kesiapsiagaan kepada guru-guru di Sekolah TK Tanah Tingal Ciputat, Tangerang, Banten. DMC Dompet Dhuafa yang diwakili oleh Staf Pengurangan Risiko Bencana (PRB) DMC Dompet Dhuafa Tri Febriani sebutkan banyak hal mengenai kebencanaan yang disampaikan dalam pelatihan berdurasi 120 menit ini. Diantaranya karakteristik dan jenis bencana hingga upaya minimalisir risiko bencana.

“Jadi tadi para guru-guru dikenalkan tentang istilah-istilah dan upaya PRB yang bisa diterapkan di lingkungan sekolah. Mulai dari informasi mengenai pentingnya membuat dan mengetahui jalur evakuasi sekolah, teknis keamanan jika terjadi bencana yang meliputi guru yang bertugas untuk mengamankan tiap siswa hingga dijemput keluarga, hingga mengenali dan meminimalisir potensi bencana di dalam rumah seperti kebakaran,” papar Tri.

Para guru tersebut juga belajar langsung cara penyelamatan diri saat gempa terjadi yakni dengan melindungi kepala dan tengkuk menggunakan tangan serta berdiam di posisi sujud. Selain itu bisa juga dengan menggunakan alternatif lain seperti bantal saat di rumah dan tas saat di sekolah. Selain pemaparan materi dilangsungkan juga diskusi.
Salah satu guru peserta, Eva, menanyakan titik kumpul yang aman di sekolah mereka jika gempa terjadi. Mengingat sekolah tersebut merupakan sekolah alam dengan konsep ruangan terbuka yang tak memiliki bangku dan kursi.

“Kalau di tempat berkonsep alam seperti ini, paling aman memang di lapangan sekolah karena tidak ada bangku ataupun meja. Dalam banyak kasus juga, pepohonan saat gempa terjadi jarang sekali yang tumbang, paling sering bangunan. Maka dari itu sudah pas kalau membuat titik kumpulnya di lapangan. Nah setelah gempa reda dan situasi tidak memungkinkan, sesuai teknis keamanan yang sudah dibuat, bapak-ibu guru bisa mengarahkan anak-anak berkumpul di titik penjemputan,” jelas Tri. (Ika)