DMC Dompet Dhuafa Gelar Pelatihan Manajemen Kebencanaan Untuk Amil/Amilat Angkatan Ke-VI

GUNUNGBUNDER – Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa menggelar Pelatihan Manajemen Kebencanaan yang diperuntukkan bagi amil dan amilat Dompet Dhuafa angkatan ke-VI. Kegiatan ini dilaksanakan di bumi perkemahan Gunung Bunder, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, 22-24 Agustus 2019.

Dalam kata sambutannya Direktur DMC Dompet Dhuafa, Benny, pelatihan ini ditujukan untuk meningkatkan kapasitas kebencanaan para amil dan amilat.

“Pengetahuan dan pengalaman dalam dunia kebencanaan itu sangat penting dimiliki oleh pekerja kemanusiaan. Karena di kebencanaan banyak aspek yang disentuh, seperti kerja sama. Dalam dunia kebencanaan tidak ada tim per tim, semua kerja bahu membahu bersama-sama,” terangnya, (22/8).

Berdasarkan penuturan Ahmad Riyadi, ketua panitia, pelatihan ini diikuti oleh 40 peserta dari berbagai divisi yang belum pernah mengikuti pelatihan kebencanaan. Meski demikian pelatihan yang diberikan bukan hanya teori dasar, pengalaman langsung dan simulasi di lapangan juga diberikan ke peserta. Hal ini menurut dia agar pelatihan tidak sekadar teori saja.

Pelatihan yang digelar selama tiga hari dua malam ini meliputi kegiatan pendirian tenda, pemberian materi dan praktek shelter dan WASH, materi dan praktek penanganan jenazah, materi manajemen dapur umum, materi survival, materi dan praktek medical first aid, materi dan praktek vertical rescue dan teknik pencarian korban (SAR) gunung hutan, dan simulasi bencana.

Diterangkan Ahmad, semua peserta berpartisipasi aktif dalam pelatihan. Hal ini terlihat dari keaktifan peserta saat di dalam kelas maupun di lapangan. Saat simulasi pun kecakapan peserta memahami materi pelatihan terlihat dari kesigapan mereka merespon simulasi bencana yang diberikan. (Ika)