DMC Dompet Dhuafa Ikuti Pelatihan Skala Internasional untuk Tingkatkan Kapasitas

KUALALUMPUR – Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa senantiasa meningkatkan kapasitas organisasi dan anggotanya melalui berbagai aktivitas. Salah satunya pelatihan bertajuk “Building Better Capacity of National NGOs for response and Coordination in Humanitarian Crisis” yang diikuti empat orang staf DMC Dompet Dhuafa. Acara dilangsungkan di Kuala Lumpur, Malaysia pada 15-20 Desember 2019.

M Syaiban, salah satu peserta yang juga merupakan Staf Pengurangan Risiko Bencana (PRB) DMC Dompet Dhuafa katakan dalam pelatian tersebut, para peserta dibekali pemahaman baru mengenai standar respons internasional.

“Hal yang paling penting yang harus disiapkan saat akan melakukan respons adalah persiapan yang mencakup keselamatan dan keamanan. Keamanan misalnya untuk tidak berjalan sendiri karena lokasi darurat yang didatangi seperti negara konflik pastinya punya risiko yang tinggi. Pun sebagai pendatang, belum tahu standar keamanannya,” paparnya, Jumat (20/12).

Dilanjutkan Syaiban, hal penting lain dalam persiapan adalah keamanan. Para peserta diberi pemahaman bahwa penting untuk memiliki nomor yang bisa dihubungi di situasi darurat di lokasi yang dikunjungi. Selain itu, penting pula untuk menjamin keamanan melalui asuransi.

“Koordinasi juga menjadi hal yang harus diperhatikan. Baik koordinasi dengan sesama lembaga kemanusiaan loka, aparat dan pemerintah terkait, hingga ke sekitor lembaga kemanusiaan internasional. Koordinasi ini nantinya akan membantu para pekerja kemanusiaan untuk mengerahkan bantuan yang lebih cepat dan tepat sasaran,” kata Syaiban.

Sebelum berangkat pelatihan, para peserta diberi kursus daring mengenai respons di situasi darurat sebagai tanda bahwa mereka peserta yang tepat untuk dilatih. Terdapat dua puluh tiga peserta yang berasal dari tiga negara yakni Indonesia, Malaysia, dan Jeddah. Sementara penyelenggarannya dilakukan oleh International Medical Corp (IMC), Organisational of Islamic Cooperation (OIC), dan USAID. Selain empat staf DMC Dompet Dhuafa, dua staf Layanan Kesehatan Cuma-cuma (LKC) juga ikut dalam pelatihan.