DMC Dompet Dhuafa Instalasi Listrik di Pos Pengungsian Dusun Wainuru

MALUKUTENGAH – Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa melakukan instalasi listrik di pos pengungsian Dusun Wainuru, Desa Waai, Salahutu, Maluku Tengah. Instalasi ini dilakukan dengan melakukan sambungan listrik dari masjid ke tenda-tenda pengungsian. Demikian diungkapkan Koordinator Respons DMC untuk Gempa Maluku, Abdul Azis pada Rabu, (16/10).

Azis bilang sejak warga mengungsi akibat gempa pada 26 September lalu, pos pengungsian Dusun Wainuru belum pernah mendapatkan listrik untuk penerangan. Padahal penerangan ini dibutuhkan sebab kebanyakan warga mengungsi di hutan maupun perbukitan.

“Jadi kita sediakan kabel panjang agar aliran listrik dari masjid bisa mengalir ke tenda-tenda pengungsi. Alhamdulillah, ada 249 KK atau 886 jiwa yang merasakan manfaat instalasi ini,” jelasnya.

Azis rincikan aliran listrik tak hanya menerangi tenda-tenda pengungsi namun juga untuk menerangi jalur dari titik air sampai ke jalan menuju tenda masing-masing.

“Besok kita mau cek tenda yang belum tersedia kabel dan lampu yang menerangi tenda. Jika ada yg tidak mampu kita akan support kabel dan lampunya,” ujarnya.

Selain penyintas bisa mendapatkan penerangan di malam hari, mereka kini juga mendapat kemudahan untuk mengisi daya ponsel dan aktivitas harian lainnya. Selain lakukan instalasi listrik, DMC Dompet Dhuafa juga lakukan respons lain di pos pengungsian Dusun Wainuru seperti distribusi hygiene kit, Pos Hangat, Taman Ceria dan pendampingan psikososial. (Ika)