DMC Dompet Dhuafa Isi Materi di Refleksi Akhir Tahun Bencana dan Komunitas


JAKARTA – Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa menjadi salah satu pemateri di acara Refleksi Akhir Tahun Bencana dan Komunitas. Acara digelar oleh Perkumpulan SKALA menggandeng beberapa lembaga kemanusiaan termasuk Dompet Dhufa. DMC Dompet Dhuafa diwakili oleh M N Awaluddin selaku General Manager (GM) Pengurangan Risiko Bencana (PRB) membawakan materi mengenai Potensi Filantropi untuk PRB.

“Ada beberapa hal yang disampaikan seperti model program PRB yang telah diimplementasikan DMC Dompet Dhuafa di masyarakat. Mencakup penguatan kapasitas SDM melalui sosialisasi dan simulasi bencana. Kemudian mitigasi dan kesiapsiagaan bencana dalam bentuk pembangunan infrastruktur mitigasi, lalu penataan lingkungan hidup berkelanjutan seperti revitalisasi DAS dan daerah pesisir. Dan penguatan lembaga lokal yakni pembentukan forum PRB tingkat desa/kecamatan,” terang Awal.

Selain itu, ia juga menjelaskan peranan penting PRB demi mendorong laju pembangunan di Indonesia. Diantaranya karena negeri ini merupakan daerah rawan bencana, kejadian bencana seringkali tidak terprediksi namun bisa diantisipasi, dan belum banyak tersedia infrastruktur aman bencana.

“Jika dilihat di masyarakat, tingkat kesadaran dan pengetahuan akan bencana masih relatif rendah yang juga menjadikan kelompok rentan seringkali menjadi korban. Sebagai negara yang sejak dulu kerap kali disinggahi bencana, banyak kearifan lokal mengenai mitigasi yang bisa digunakan kembali,” ujarnya.

Dalam acara tersebut, turut hadir Yayasan ADRA Indonesia yang membawa materi mengenai ferosemen sebagai alternatif untuk memperkokoh bangunan rumah. Ada pula beberapa lembaga lain yang menjadi pemateri yakni BNPB, BMKG, Badan Geologi ESDM, Yappika, Huma, IAGI, Asosiasi Asuransi Umum Indonesia, Baznas dan Perkumpulan SKALA.