DMC Dompet Dhuafa Kembali Lakukan Program Pemulihan Untuk Penyintas Gempa Lombok

LOMBOKBARAT – Disaster Management Center (DMC Domper Dhuafa) kembali melakukan program pemulihan di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Program ini diperuntukkan bagi penyintas gempa Lombok yang terjadi 29 Juli 2019 lalu. Terdapat dua program yang dilakukan, yakni renovasi sumur bor di Dusun Gol, Desa Medana, Kecamatan Tanjung dan pemberian perlengkapan sekolah bagi RA (TK) Annajah yang berada di Dusun Kebun Indah, Desa Sesela, Kecamatan Gunung Sari.

“Penyerahan ke pihak sekolah dilakukan hari ini, sedangkan untuk renovasi sumur bor akan dilakukan besok, Rabu (30/10). Pemberian peralatan sekolah berupa alat bermain, meja, dan bangku. Sedangkan untuk renovasi sumur bor, kita bantu penyediaan mesin pompa air,” sebut Sanadi, Tim Recovery DMC Dompet Dhuafa.

Sanadi tambahkan, pascagempa RA Annajah belum pernah menerima bantuan. Saran bermain di sekolah tersebut sudah tidak memadai pun dengan ketersediaan bangku dan meja bagi 174 siswanya. Maka dari itu, bantuan diberikan.

Sedangkan untuk renovasi sumur bor di Dusun Gol, warga telah mendapat bantuan sumur bor namun mesin pompanya mengalami kerusakan. Sudah setahun pompa tidak berfungsi dan tidak bisa diperbaiki. Selama mesin pompa rusak, sumur-sumur warga masih ada airnya. Namun sekarang sudah kering menyusul musim panas yang melanda wilayah tersebut.

“Sekarang sumur warga sudah kering. Untuk sarana air bersih sumur bor menjadi satu-satunya sumber air. Jadi kemarin tokoh masyarakat setempat meminta bantuan ke DMC Dompet Dhuafa berupa penyediaan mesin pompa air,” tutupnya. (Ika)