DMC Dompet Dhuafa Lakukan Penelusuran Anak Sungai Pesanggrahan yang Tercemar

TANGERANGSELATAN – Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa melakukan penelusuran anak sungai Pesanggrahan di wilayah Ciputat Timur. Anak sungai ini merupakan salah satu kawasan yang tercemar sebab letaknya yang dekat pemukiman.

Disampaikan Staf Respons DMC Dompet Dhuafa Ady Sumarna yang mengomando penelusuran ini, pencemaran diakibatkan limbah sampah yang dibuang langsung ke aliran sungai.

“Saat tadi asesmen keadaan sungai menggunakan perahu, kita tidak sengaja melihat ada masyarakat yang membuang sampah ke sungai dari belakang rumahnya. Banyak sampah bahkan sudah mengendap di dinding-dinding aliran sungai. Selain itu bukan hanya sampah plastik, sampah organik menyebabkan airnya menjadi berbau tak sedap,” ungkapnya, Rabu (27/11).

Meski demikian, Ady bilang aliran sungai ini punya potensi untuk dimanfaatkan menjadi saran wisata. Sebab alirannya cukup menarik dengan ada sedikit bebatuan untuk wahana arung jeram. Maka perlu dilakukan langkah awal normalisasi aliran sungai dengan membersihkannya.

“Ya, memang ada wacana untuk normalisasi aliran sungai ini. InsyaAllah bisa dan segera dilaksanakan,” tandasnya.

Ija, (71thn), warga bantaran anak sungai Pesanggrahan ungkapkan harapannya agar sungai bisa kembali bersih. Dalam ingatannya, aliran sungai ini terakhir kali dalam keadaan bersih pada sekitaran tahun 80-an. Ia juga katakan siap berkomitmen untuk berpartisipasi mengembalikan fungsi sungai jika wacana yang disusun DMC Dompet Dhuafa dilaksanakan. (Ika)