DMC Dompet Dhuafa Lakukan Respons Cepat Banjir Bandang Sigi


SIGI – Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa melakukan respons cepat terkait banjir bandang yang menerjang Desa Bolapapu, Sigi, Sulawesi Tengah. Peristiwa bencana alam tersebut terjadi pada Jumat, (13/12), mengakibatkan dua orang meninggal dunia dan ratusan lainnya mengungsi. Sejak kemarin DMC Dompet Dhuafa melalui relawan lokal di Komunitas Ayo Tolong telah melakukan pendampingan pada masyarakat terdampak.

“Kemarin kita telah melakukan sinergi bersama Koramil dan BPBD setempat agar gerak yang akan dilakukan bisa lebih cepat dan tepat. Hari ini kita sudah distribusi kelambu di SD BK Bolapapu dan mendirikan Pos Hangat di lokasi pengungsian yang sama,” demikian diterangkan Supervisor Tim Respons DMC Dompet Dhuafa Abdul Azis.

Ia lanjutkan berdasarkan hasil asesmen tim di lapangan yang mengutip data BPBD setempat, terindikasi ada 105 unit rumah terdampak. Sementara itu jumlah pengungsi mencapai 208 kepala keluarga dengan rincian 707 jiwa yang mengungsi ke empat titik pos pengungsian.

“Keempat titik pos pengungsian itu yakni Gedung Serbaguna Desa Bolapapu, SD BK Bolapapu, Gereja BK Bolapapu, dan Posko Desa Bolapapu. Buat para pengungsi kebutuhan mendesak saat ini berupa air bersih, selimut, makanan dan alas tidur. Kita membuka kesempatan bagi pihak-pihak yang ingin membantu korban banjir bandang Desa Bolapapu dengan berderma melalui DMC Dompet Dhuafa,” jelas Azis.

Untuk diketahui kejadian ini juga mengakibat jalan poros Palu – Kulawi, putus, dikarenakan banyaknya material batu dan pasir menutup badan jalan. Selain itu banjir bandang membawa material lumpur, batu dan kayu dari pegunungan. (Ika)