DMC Dompet Dhuafa Resmi Jalin Nota Kesepahaman Penanggulangan Bencana dengan BNPB

PANGKALBARU — Melalui Disaster Management Center (DMC), Dompet Dhuafa sebagai lembaga kemanusiaan yang aktif terlibat dalam penanggulangan bencana, resmi jalin nota kesepahaman (MoU) dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Penandatangan nota kesepahaman ini merupakan rangkaian acara Bulan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) Nasional 2019 yang digelar di Provinsi Bangka Belitung pada 11-13 Oktober.

Ahmad Shonhaji, Direktur Dakwah Layanan Masyarakat Dompet Dhuafa yang mewakili penandatanganan nota kesepahaman katakan hal ini merupakan buah dari konsistensi Dompet Dhuafa dalam aksi respons kemanusiaan baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Apalagi, tambahnya, Dompet Dhuafa melalui DMC selain melakukan mitigasi kebencanaan juga melakukan tahap pemulihan.

“Merupakan sebuah keniscayaan dan keharusan. Karena Dompet Dhuafa sudah membuktikan dirinya sebagai lembaga yang ikut aktif dan terlibat dalam respons kemanusiaan. Kita juga akan meningkatkan lagi kapasitas tim DMC dan aspek-aspek lainnya. Baik dalam aspek rescue hingga recovery,” ungkapnya, Minggu (14/10).

Senada, General Manager PRB DMC Dompet Dhuafa M. N. Awaluddin langkah-langkah ke depan terkait perencanaan PRB telah disiapkan untuk memperkuat realisasi nota kesepahaman ini.

“Salah satunya memahami potensi bencana melalui penelusuran kawasan rawan bencana, pendidikan tanggap kebencanaan bagi masyarakat dan anak sekolah, serta mengawal revisi Undang-Undang No. 24 Tahun 2007 tentang penanggulangan bencana,” jelas Awal. (Ika)