DMC Dompet Dhuafa Siapkan Penyaluran Kebutuhan Logistik ke Pengungsi di Wamena

 

JAYAPURA – Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa menyiapkan penyaluran kebutuhan logistik bagi para pengungsi konflik sosial yang masih berada di Wamena, Papua. Penyaluran ini akan dilakukan besok, Kamis (3/10) melalui jalur udara dengan Pesawat Hercules.

“Tadi tim sudah berkoordinasi dengan pihak TNI mengenai penyaluran logistik melalui Hercules. InsyaAllah bisa, besok akan disalurkan logistik seperti makanan untuk pengungsi yang masih tertahan di pos-pos pengungsian di Wamena bersama relawan lokal,” demikian diungkapkan Koordinator Respons DMC untuk Pengungsi Wamena Eka Suwandi.

Lebih jauh Eka menuturkan selain lakukan pendistribusian logistik, tim akan melihat kebutuhan para pengungsi di sana melalui proses asesmen. Untuk sementara, rekomendasi giat aksi tambahan adalah pelayanan medis. Tapi, katanya,  jika pascaasesmen ditemukan kebutuhan lain, maka hal itu akan ditambahkan ke dalam program respons pengungsi di Wamena.

Eka bilang kegiatan respons besok tidak hanya pendistribusian logistik bagi para pengungsi di Wamena. Kegiatan yang telah dilakukan seperti Taman Ceria, Pojok Charger, Pos Hangat, Dapur Umum dan pendampingan psikososial akan tetap berlangsung di Posko Pengungsian Rindam XVII/Cendrawasih, Sentani dan Posko Pengungsian Tongkonan, Kotaraja Sentani yang berada di Jayapura, Papua. (Ika)