DMC Dompet Dhuafa Sigap Dampingi Masyarakat Terdampak Banjir dan Longsor di Jagakarsa

JAKARTASELATAN – Curah hujan tinggi serta kiriman air dari wilayah Depok menyebabkan banjir hingga tanah longsor di Jalan Damai RT 04 RW 02, Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Sabtu (10/10) malam. Sebanyak 300 rumah warga terendam banjir dengan ketinggian mulai dari 70 cm hingga 150 cm, Sabtu (10/10) malam. Tim Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa dengan sigap menurunkan tiga tim yakni Tim Rescue, Tim Eergency Medical Team (EMT), dan Tim Dapur Keliling (Darling). Demikian dikatakan Koordinator Lapangan DMC Dompet Dhuafa Untuk Banjir dan Longsor Jagakarsa Ade Syahputra.

“Sejak malam kita sudah siaga dengan menguatkan jalur koordinasi anggota relawan di lapangan yang memantau situasi dan dengan anggota lain yang menyiapkan kebutuhan untuk melakukan pendampingan kepada warga terdampak. Setelah info sudah valid, kita langsung turun ke lapangan untuk melakukan evakuasi, asesmen kebutuhan mendesak para pengungsi, menyiapkan kebutuhan logistik permakanan para penyintas dan relawan, serta menyiagakan Tim Medis. Sebisa mungkin upaya-upaya yang kita lakukan tetap menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi yang belum berlalu,” papar Ade.

Selain itu Ade katakan tim dibagi ke dua area, satu tim di Jagakarsa dan satu lagi di kawasan Cipinang Melayu, Makasar, Jakarta Timur yang menjadi daerah langganan banjir kala hujan deras mengguyur kawasan Jabodetabek. Untunglah, keadaan di Cipinang Melayu berangsur kondusif sehingga tim yang bertugas di sana bisa membantu tim di wilayah Ciganjur.

Sementara itu, pagi ini, (11/10) Tim Darling sudah membagikan sarapan sehat berupa bubur kacang hijau dan minuman hangat kepada para penyintas dan relawan di titik pengungsian Ciganjur sebanyak 300 porsi. Adapun hasil asesmen yang diperoleh oleh tim di wilayah Cigajur yakni dua RT terdampak yaitu RT 04 dan RT 05 yang berada di RW 02 Jalan Damai 1 Kelurahan Ciganjur dan 2 orang luka berat dan 1 orang meninggal dunia akibat banjir dan tanah longsor. (Ika)