DMC Dompet Dhuafa Terjunkan Tim Respon untuk Bencana Kabut Asap di Kalimantan dan Sumatera

JAKARTA – Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa menerjunkan Tim Respon untuk atasi bencana kabut asap di wilayah Kalimantan dan Sumatera. Tim Respon pertama yang berangkat kemarin, (16/9), melalui jalur darat dicanangkan akan menyusur Provinsi Riau, Palembang dan Jambi di Pulau Sumatera. Tim ini berangkat menggunakan satu unit mobil rescue dan satu ambulans. Sedangkan Tim Respon kedua yang bergerak hari ini, (17/9), dijadwalkan akan melakukan respon di Banjarmasin, Palangkaraya dan Sampit di Pulau Kalimantan.

Ady Sumarna Koordinator Tim Respon untuk Bencana Kabut Asap di Kalimantan sebutkan tim yang berangkat hari ini akan bergabung dengan tim relawan lokal DMC yang telah terlebih dahulu bergerak dalam penanganan kabut asap.

“Terhitung sejak akhir pekan lalu, relawan kita di beberapa daerah seperti Kabupaten Paser telah mendampingi masyarakat yang terkena imbas bencana kabut asap. Teman-teman telah berpartisipasi dalam pemadaman api di beberapa titik dan juga membagikan masker ke warga,” jelasnya.

Serupa, Narwan Koordinator Tim Respon untuk Bencana Kabut Asap juga sebutkan bahwa timnya akan turut memasifkan aktivitas respon yang telah dilakukan teman-teman relawan lokal. Ia bilang di Sumatera sudah ada beberapa intervensi yang dilakukan seperti di wilayah Sumatera Barat dan Riau.

“Kita akan memperluas aktivitas kita di sana dengan melakukan edukasi bencana kabut asap ke warga dan membuka posko layanan kesehatan yang mudah dijangkau,” ujarnya. (Ika)