DMC Dukung Program Klinik Relawan DD Healthcare

Tangerang Selatan—Disaster Management Center ( DMC ) Dompet Dhuafa dukung program Klinik Relawan yang dipraksarai DD Healtcare. Hal ini disampaikan dalam webminar dengan tajuk “Layanan Kesehatan Mental untuk Semua” pada Sabtu lalu (2/10/2021) sebagai rangkaian kegiatan dari Milad Ke-2 DD Healthcare.

Selain diskusi seputar kesehatan mental di Indonesia, dalam webminar ini juga diperkenalkan layanan Klinik Relawan, yakni sebuah layanan konsultasi dan pemeriksaan gratis bagi relawan. Layanan ini dibuka setiap hari Jumat di seluruh jejaring klinik, apotek, dan laboratorium DD Healthcare di Indonesia yakni Aceh, Bandung, Ciputat, Kupang, Makassar, Parung, Rorotan dan Tangerang. Layanan ini menawarkan pemeriksaan standar meliputi pemeriksaan fisik dan mental para relawan kemanusiaan ketika hendak atau seusai melakukan tugas kemanusiaan. Termasuk di dalamnya pemberian obat dan vitamin dengan harga khusus.

“Seluruh jaringan DD Healthcare harus mengedepankan fungsi sosialnya, kalau tidak memiliki social impact-nya yang tidak terasa berarti pendekatan social enterprise kita kurang berhasil. Keinginan kita adalah ke depannya DD Healthcare akan berkembang dan semua titik di provinsi memiliki DD Healthcare,” jelas Nasyith Majidi selaku Ketua Yayasan Dompet Dhuafa Republika dalam sambutannya.

Hal serupa juga dituturkan oleh Dr.Adib Khumaidi selaku Ketua terpilih Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Ketua TIM Mitigasi IDI, dalam sambutannya beliau menuturkan,” Atas nama pribadi dan pengurus besar IDI selamat Milad ke-2 buat capaian yang luar biasa untuk umur yang dua tahun. Masih balita. Tapi sudah memberikan capaian-capaian yang luar biasa. Dan kedepan saya yakin, DD Healthcare akan senantiasa selau ada di dalam bagian umat dan masyarakat Indonesia,”terangnya.

DMC Dompet Dhuafa sebagai unit khusus manajemen kebencanaan dan kemanusiaan memiliki jaringan relawan yang kuat di seluruh Indonesia. Relawan respons yang terdiri dari relawan water rescue, jungle rescue, vertical rescue dan Psychological First Aid (PFA) atau pertolongan pertama psikologis. Lalu saat pra-kebencanaa, DMC juga memberikan pelatihan bagi relawan dan masyarakat tentang mititgasi kebencaaan.

Terakhir DMC juga memiliki relawan-relawan dalam mengatasi pasca-kebencanaan. “Dalam kehidupan sehari saja kita bisa mengalami tekanan-tekanan psikologis. Apalagi memang di wilayah bencana alam ataupun kemanusiaan. Dan tentu saja relawan mengalami tekanan psikis ganda,”terang Haryo Mojopahit selaku Chief of DMC Dompet Dhuafa.

“Waktu turun di Kepulauan Seribu saat Sriwijaya. Ketika relawan responder menyelam kemudian melihat sosok korban dan ingat terhadap keluarganya. Itu bisa dibayangkan bagaimana tekanan psikologis seperti itu,”tambahnya.

“Kemudian ada relawan ketika gempa Palu tiba-tiba ada anak memanggil relawan kami dengan sebutan ibu. Dan ternyata anak relawan ini mirip dengan mendiang almarhum penyintas,”sambung Haryo.

Relawan yang tergabung dalam jejaring Dompet Dhuafa seperti relawan DMC Dompet Dhuafa bisa menikmati konsultasi dan pemeriksaan gratis berupa General Medical Check-up rutin, check-up sebelum dan sesudah bertugas, serta vitamin dan obat-obatan (dengan harga khusus). Caranya cukup membawa identitas relawan dan surat rekomendasi DMC Dompet Dhuafa. Maka relawan bisa mengakses layanan konsultasi ini.

Ke depannya, layanan kesehatan ini bisa juga dinikmati oleh relawan-relawan dari lembaga kemanusiaan lainnya. Webminar ini turut menghadirkan Dr.Andi Suheyra Syauki (psikiatri), Agung Wahyu Prasetyo (psikolog), Dr.Pradipta Suarsyaf,MMRS, FRSPH (Direktur RS.Lancang Kuning Pekanbaru), Dr.Fitria Nurlaila.P (Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Barat), dan Haryo Mojopahit (Chief DMC Dompet Dhuafa).