DMC Gelar Pelatihan Respon Bencana dengan Protokol Kesehatan

Tangerang Selatan—Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa menggelar pelatihan Vertical Rescue untuk relawan bencana jabodetabek (31/3/2021). Secara sederhana Veritcal Rescue merupakan kegiatan evakuasi kebencaan pada medan terjal seperti tebing dan lain-lain. Kegiatan ini dilaksanan dalam waktu dua hari, mulai dari 31 Maret 2021 hingga 1 April 2021. Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

DMC Dompet Dhuafa menargetkan 20 peserta relawan untuk kegiatan kali ini. Mereka semua nantinya akan mendapat pendampingan intens dari tenaga ahli yang telah disiapkan. Pada hari pertama peserta mendapat pelatihan di kantor DMC Dompet Dhuafa, Pondok Ranji, Ciputat Timur,Kota Tangerang Selatan. Sedangkan hari kedua dilaksanakan di kantor Kepolisian Udara Baharkam Polri, Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Banten.

“Para peserta yang lolos seleksi diwajibkan membawa hasil tes non-reaktif. Minimal tes Genose”,imbuh Achmad Riyadi selaku Manager Respon dan Recover DMC Dompet Dhuafa di sela-sela sambutan.

Sebelumnya para peserta melakukan pendaftaran via form digital yang diberikan melalui grup Whatsapp relawan kebencanaan jabodetabek, seperti Komunitas Ayo Tolong dsb. Mereka semua cukup mendaftar semua itu tanpa dipungut biaya apa pun.

“Kegiatan ini diperuntukan terlebih dahulu untuk relawan-relawan jabodetabek yang paling sering ikut turun aksi bersama DMC Dompet Dhuafa. Sehingga untuk di luar jabodetabek belum dahulu,”sambung Achmad Riyadi yang biasa Bang Keling.

“Jadi dari pihak DMC menggelar kegiatan pelatihan ini sebagai bentuk apresiasi kami terhadap mereka yang terus bersama kami dalam melakukan aksi respon”, tutup Bang Keling.