DMC Hadir Bantu Pencarian Korban Tenggelam di Kali Cipinang

Jakarta – Disaster Management Center ( DMC ) Dompet Dhuafa turut dalam pencarian korban tenggelam di Kali Cipinang, Kec.Makasar, Kota Jakarta Timur. Bersama tim SAR gabungan mereka berhasil menemukan korban dalam keadaam meninggal dunia (04/10/2021).

Diketahui korban bernama AM (13) ditemukan dalam radius 3 kilometer dari lokasi kejadian perkara. Kemudian korban langsung dievakuasi menuju rumah duka yang berada di Jalan AMD 12 RT 09/RW 02 Kecamatan Makasar, Jakarta Timur.

“Berkat sinergi tim SAR gabungan akhirnya korban kita temukan pada pencarian yang memasuki hari keempat ini, selanjutnya korban akan kita serahkan kepada pihak keluarga untuk diproses,” ungkap Hendra Sudirman, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta selaku SAR Mission Coordinator (SMC) dalam operasi SAR.

Sebelumnya pencarian pada Senin (4/10) pagi ini tim SAR gabungan kembali melakukan pencarian dengan membagi area pencarian menjadi 2 (dua) pencarian pertama dilakukan dengan menjangkau radius 15 kilometer dan 10 kilometer dari lokasi kejadian perkara.

“DMC turut hadir dari Jumat sore lalu (1/10/2021) sampai sekarang. Pencarian sempat terkendala akibat ketinggian air yang sempat mencapai satu meter dan juga terkendala akibat anak pecahan sungai yang ada. Belum lagi punggung kali yang mencapai ketinggian lima sampai enam meter yang juga jadi kendala saat melakukan evakuasi korban,” terang Adhe Indra Saputra selaku tim SAR DMC Dompet Dhuafa yang turut dalam evakuasi korban.

Berdasarkan laporan yang diterima, korban yang tengah bermain di sekitaran Kali Cipinang pada Kamis lalu (30/09/2021) pada malam hari pukul 20:00 WIB. Naasnya, hujan deras mengguyur wilayah tersebut dan menambah ketinggian debit air serta aliran air sungai menjadi lebih deras dari biasanya.

Ketika hendak pulang, korban terpeleset dan masuk ke dalam gorong-gorong sungai. Teman-teman korban sempat berusaha mencari korban dengan mengejar sampai ke ujung gorong-gorong sungai.

“Korban ditemukan dalam tumpukan lumpur,” lanjut Adhe.

Puluhan personil SAR gabungan dikerahkan dalam operasi SAR pada hari ini yang terdiri dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta, Polsek Makasar, Koramil 0505 Makasar, Kelurahan Makasar, TRC BPBD Prov. DKI Jakarta, Damkar Sektor Makassar, SDA Kec.Makasar , PPSU Kel.Makasar, Babinsa Kel.Makasar , Satpol PP Kel.Makasar , DMC Dompet Dhuafa, FKDM Kel.Makasar, KORGAD, SAR MTA, Voulenteer Squad Emergency, Relawan Rescue Ambulance Emergency (RRAE), IEA, RAPI, TRAJ, WMI, TBI, BAZNAS, CAT RESCUE, PMI, SEMUT KECIL, GMCI, IMANI CARE, RESPONE TEAM, HUMAN INITIATIVE, GAPENTA, Yayasan Adi, Core ORARI Depok, RIT, BAJRATREK, Brigade 08, UAR Bogor, IRRES, Padakodjar, RPAI, KJD, Saung Bambon, POLMAS Bogor Raya, Rimba, Semut Kecil, ESLAN, SCRC, Shabawana dan masyarakat sekitar.