Fase Pemulihan, DMC Dompet Dhuafa Bangun Sarana MCK di Desa Gane Luar

HALMAHERASELATAN – Memasuki fase pemulihan, Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa membangun sarana mandi, cuci, dan kakus (MCK) di Desa Gane Luar, Halmahera Selatan (Halsel), Maluku Utara. Gane Luar merupakan salah satu desa terdampak paling parah pascagempa 17 Juli 2019 silam.

Hendy Johan Saputra, Koordinator Recovery untuk Gempa Halsel sebutkan ada lima sarana MCK yang dibangun di desa tersebut.

“Awalnya mau dibangun empat, namun karena partisipasi masyarakat bagus jadi ditambahkan satu lagi. Bahkan ada warga yang memberi material bantuan,” ungkapnya, Minggu (20/10).

Hendy jelaskan pembangunan MCK yang dilakukan di pos pengungsian Dusun Binai ini, menimbang masyarakat pengungsian sulit mengakses kebutuhan yang berkenaan dengan kamar mandi. Sebab warga mengungsi di bukit tak jauh dari kediaman rumah mereka yang hancur pascagempa sehingga sulit mendapatkan air.

“Apalagi sekarang jumlah tenda yang mengungsi di bukit Dusun Binai bertambah banyak dari semula 86 tenda pengungsian menjadi 104 tenda. Pastinya MCK jadi kebutuhan mendesak,” terangnya.

DMC Dompet Dhuafa menjadi salah satu lembaga yang fokus mendampingi penyintas Gane Luar, mulai dari fase respons hingga sekarang. Saat masa respons DMC Dompet Dhuafa telah sediakan berbagai bantuan seperti logistik, pendampingan psikososial, terpal, dan banyak lainnya. (Ika)