Gempa Bumi Guncang Ambon Pagi Ini, DMC Dompet Dhuafa Lakukan Respons Cepat

Sumber foto: Istimewa

AMBON – Gempa bumi mengguncang Kota Ambon terjadi pukul 06.46 WIB berkekuatan magnitudo 6,8 pagi ini, (26/9). Gempa yang terjadi di sebelah Timur Laut Kota Ambon, Maluku  ini berada di kedalaman 10 Km. Hingga berita ini diturunkan, gempa susulan di sekitar titik koordinat sudah terjadi setidaknya dua kali.

Abdul Aziz Supervisor Tim Respons Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa mengatakan untuk mengetahui dampak akibat gempa, timnya telah berkoordinasi dengan relawan yang berada di Kota Ambon. Hal ini guna mengetahui dampak wilayah, dampak kesehatan dan dampak ekonomi pascagempa.

“Saat ini kita masih berkoordinasi dengan relawan-relawan di sana. Mereka masih melakukan asesmen menyisir daerah terdampak sambil terus memberikan info terbaru terkait situasi dan dampak. Dari informasi tersebut nanti ditentukan respons apa saja yang akan dilakukan,” terangnya pada Kamis (26/9).

Disampaikan Aziz ada beberapa dampak yang berhasil dihimpun tim di lapangan yakni satu jembatan retak di Ambon, bangunan Universitas Pattimura rusak ringan, kerusakan di Kampus IAIN Ambon dimana ada dugaaan satu pegawai tertimpa reruntuhan, jembatan retak di Pelabuhan Liang, beberapa rumah warga disinyalir mengalami keretakan dan keruntuhan di beberapa tempat. Seperti yang terjadi di Pasar Terapung Desa Kailolo, plafon bangunan toko mengalami keruntuhan di Maluku City Mall (MCM) Ambon. Saat ini mall sudah ditutup dan karyawan dipulangkan. Juga beberapa rumah apung di Pelabuhan Speedboat Tulehu tujuan Pulau Saparu alami keruntuhan

“Informasi yang kita dapatkan, situasi saat ini warga masih bersiaga mengungsi di depan rumah masing-masing. Sebagian warga memutuskan mengungsi ke tempat yang lebih tinggi. Secara keseluruhan kondisi di Pulau Ambon masih aman terkendali dengan dampak tidak terlalu besar,” jelasnya.

Sementara itu berdasarkan rilisan yang dikeluarkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Maluku sebanyak empat orang mengalami luka-luka akibat tertimpa reruntuhan dan dua lainnya meninggal dunia akibat gempa bumi yang terjadi di Ambon pagi ini. (Ika)