Gempa Magnitudo 5,2 Guncang Ambon, DMC Dompet Dhuafa Lakukan Respons Cepat

AMBON – Gempa bermagnitudo 5,2 mengguncang wilayah Ambon dan sekitarnya hari ini, (10/10). Gempa yang merupakan gempa susulan pascagempa M 6,5 di kawasan serupa akhir September lalu ini, mengakibatkan beberapa bangunan runtuh dan korban jiwa. Tim Disaster Management Center (DMC) yang masih lakukan pendampingan di lokasi langsung melakukan respons cepat.

Koordinator Respons untuk Gempa Maluku sampaikan pascagempa tim melakukan survei ke salah satu desa yang menjadi titik gempa yakni Desa Morella, Leihitu, Maluku Tengah. Selain itu, tim juga melakukan pemantauan aktivitas warga di beberapa titik Kota Ambon.

“Di Desa Morella kondisinya beberapa rumah ada yang temboknya hancur dan beberapa warga memutuskan untuk mengungsi. Banyak warga yang panik sehingga kita edukasi agar mereka tenang. Juga mengedukasi untuk warga yang rumahnya masih laik pakai supaya tidak mengungsi,” ungkapnya pada Kamis, (10/10).

Maizar terangkan masyarakat Desa Morella yang kembali memutuskan mengungsi sebab gempa hari ini, merupakan mereka yang baru kembali ke rumah setelah mengungsi saat gempa besar pertama terjadi. Mereka mengkhawatirkan gempa-gempa susulan yang akan terjadi.

Untuk diketahui, DMC Dompet Dhuafa telah lakukan pendampingan pada masyarakat di wilayah Ambon dan sekitarnya sejak hari pertama kawasan itu dilanda gempa. Beberapa pendampingan yang dilakukan seperti Taman Ceria, distribusi logistik, distribusi alas tidur, terpal dan selimut, Dapur Umum, Pos Hangat, Pos Medis, dan Corner Gizi.

“InsyaAllah kita akan lakukan pendampingan di masyarakat Ambon dan sekitarnya sampai situasi kondusif,” tutup Maizar. (Ika)