Gerakan DMC Dompet Dhuafa Untuk Berkontribusi dalam Kemandirian Pangan di Masa Pandemi

TANGERANGSELATAN – Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa ikut andil dalam usaha kemandirian pangan di masa pandemi seperti sekarang melalui program Dompet Dhuafa, Kebun Pangan Keluarga. Gerakan ini sudah dimulai sejak Kamis, (7/5) lalu. Praktisi Kebun Pangan Keluarga DMC Dompet Dhuafa Ahmad Riyadi katakan pelaksanakan Kebun Pangan Keluarga dilakukan di halaman Kantor DMC Dompet Dhuafa yang beralamat di Jl. Menjangan Raya No.130, Pd. Ranji, Kec. Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, Banten.


“Ada dua aktivitas ketahanan pangan yang kita lakukan yaitu budidaya ikan dalam ember (budikdamber) dan penanaman sayur mayur serta tanamana obat keluarga. Berkebunnya sengaja dilakukan di kantor supaya bisa diikuti oleh karyawan dan relawan. Jika uji coba ini berhasil, nantinya para karyawan dan relawan akan dibagikan bibit sekaligus media tanamnya,” terang Ahmad.


Ahmad tambahkan melalui gagasan program ini diharapkan para insan DMC Dompet Dhuafa bisa mulai memproduksi kebutuhan pangan mereka secara mandiri. Bahkan kalau bisa membagikan ke tetangga dan sanak saudara. Ia lantas berbagi tips pengembangbiakan budikdamber.


“Jika ingin membuat budikdamber, jangan lupa lubangi ember, untuk memasang kran pembuangan air juga amoniak sisa kotoran ikan. Selain itu, sebelum tebar benih ikan, lakukan treatment cairan probiotik. Kemudian endapkan air selama dua hari, lalu ukur Ph air. Ph air idealnya 7 keatas. Barulah kita bisa tebar benih lele ukuran 7-9 cm. Treatment probiotik ini dilakukan seminggu sekali, satu sendok makan, sekaligus kita kuras air. Jangan lupa, ember juga harus terkena sinar matahari,” papar Ahmad. (Ika)