Gerakan Perempuan Menulis Guna Membangun Intelektual Perempuan

JAKARTA – Hari ini, perwakilan beberapa pekerja perempuan di Dompet Dhuafa mengikuti agenda Pelatihan Perempuan Menulis. Kegiatan ini dipandu oleh inisiator, pendiri dan pembina Yayasan Dompet Dhuafa Republika Parni Hadi di Aula Khalifah Kampus Umar Usman. Dalam sambutannya ia mendukung penuh keterlibatan perempuan untuk menulis.

“Membangun intelektual perempuan di Dompet Dhuafa salah satunya bisa dimulai dari Gerakan Perempuan Menulis ini, akan jadi baik juga kalau bisa menjadi gerakan nasional. Sebab sudah banyak histori yang mengulas bagaimana peran perempuan bisa mendukung kemajuan suatu bangsa. Perempuan yang cerdas, keluarga cerdas, masyarakat cerdas dan bangsa cerdas,” paparnya, Jumat (31/1).

Dalam acara ini, Parni membuat diskusi dalam dua arah. Ia memantik para peserta untuk berfikir tentang pemahaman yang sebenarnya sudah ada dan perlu untuk diarahkan. Juga memberi masukan banyak hal mengenai kepenulisan. Diantaranya mengetahui apa yang menjadi minat pembaca, terarah sesuai situasi dan kondisi, melakukan riset sebelum menulis hingga ke hal-hal dasar menulis seperti pemilihan tema, judul, hingga pemilihan kata.

Salah satu perwakilan dari Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa Dian Rifiyah menilai pelatihan ini sangat bagus untuk dilaksanakan. Ia sepakat bahwa untuk merawat kecerdasan yang bersemayam di diri perempuan bisa dilakukan melalui menulis.

“Pak Parni juga menyadarkan bahwa ternyata hal kecil seperti menulis pesan teks sudah termasuk menulis. Menulis bisa dimulai dari kegiatan sederhana lalu bisa diteruskan dengan melakukan riset lebih lanjut. Tadi kita dalam waktu tiga jam itu dimotivasi untuk bisa membuat tiga tulisan dengan tema yang berbeda-beda,” tutup Dian. (Ika)