Giat Aksi Bersih Sisa Lumpur Longsor Cianjur

Cianjur–Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa bersama relawan gabungan di Cianjur bersama-sama melakukan aksi bersih rumah warga penyintas longsor di Kp. Cingkeuk, Ds. Cibokor, Kec. Cibeber, Kab. Cianjur (6/6/2021). Dibantu dengan alat pompa air, tim perlahan-lahan mengeruk tumpukan lumpur di rumah warga.

Sebelumnya tim sempat terkendala akan sumber air bersih untuk membersihkan lumpur. Alhasil, tim sempat mengganti titik sumber air agar mampu membersihkan sela-sela rumah warga yang tertutup lumpur.

“Alhamdulillah kita bareng-bareng bersama tim relawan gabungan. Sehingga waktu yang diperlukan untuk bersih-bersih menjadi lebih cepat,” pungkas Taqi Falsafati selaku Tim Respon DMC Dompet Dhuafa yang bertugas.

Lengkap dengan cangkul, dan perkakas lainnya. Beberapa rumah sudah dibersihkan dari lumpur.

Sebagian penyintas yang mengungsi di dua posko pengungsi (Pesantren Assalam dan Madrasah Ibtidayah Persis 56) masih suka kembali ke rumah untuk sekedar istirahat dan bersih-bersih. Namun ketika malam atau cuaca mendung, mereka langsung kembali ke posko pengungsian lantaran masih khawatir akan longsoran yang lainnya.

“Makasih banyak ya dek, sudah membantu warga Kampung Cingkeuk. Semoga keberkahan mengikuti kita semua ya dek,” imbuh salah satu penyintas.

Selain itu, DMC Dompet Dhuafa membuka Pos Hangat yakni menghadirkan aneka minuman dan bantu Dapur Umum yang dibuka oleh Taruna Siaga Bencana (TAGANA). Serta untuk mempermudah koordinasi DMC Dompet Dhuafa membuka posko di Kp. Hanjawar RT/RW : 05/02, Ds. Cikondang, Kec. Cibeber, Kab. Cianjur.