Guru-guru Sekolah di Lombok Utara Dilatih Mitigasi Bencana

 

LOMBOKUTARA – Sebanyak 40 guru-guru sekolah atau madrasah yang berada di kawasan Lombok Utara dilatih mitigasi bencana oleh Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa. Hal yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas menuju sekolah aman bencana ini akan digelar selama tiga hari, 3-5 Februari 2020 bertempat di aula sekolah binaan Dompet Dhuafa, Pondok Pesantren Tarbiyatul Islamiyah Lombok Utara.

“Daerah Lombok Utara ini punya beberapa riwayat dilanda gempa besar seperti di tahun 2013 dan 2018. Maka dari itu perlu dilakukan upaya kesiapsiagaan bagi seluruh penduduk sekolah yang bisa dimotorisasi oleh bapak dan ibu guru,” terang Staf Pengurangan Risiko Bencana (PRB) DMC Dompet Dhuafa Tri Febriani pada Senin (3/2).

Ada empat materi yang dibawakan di hari pertama diantaranya pengenalan PRB, mengenal hak dan perlindungan serta standar minimum perlindungan darurat anak, pendidikan di situasi darurat, juga sosialisasi (Sekolah/Madrasah Aman Bencana) SMAB dan kajian alur kebencanaan.

Tri lanjutkan selain melakukan pemberian materi, di hari terakhir akan dicanangkan pelaksanaan simulasi kesiapsiagaan.

“Simulasi nanti akan disertakan siswa-siswi dari Ponpes Tarbiyatul Islamiyah. Dan setelah itu, gambaran tujuan besar lain yakni perwakilan sekolah akan menggambarkan jalur evakuasi ideal dengan mempertimbangkan aspek dan risiko kerentanan di sekolah masing-masing,” tutup Tri. (Ika)