Jambore Nasional Relawan Penanggulangan Bencana Digelar, DMC Dompet Dhuafa Ikut Berpartisipasi

BANGKABELITUNG – Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa jadi partisipan di acara Jambore Nasional Relawan Penanggulangan Bencana. Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 9-12 Oktober 2019 di Pelangi Lake Resort, Tanjung Kelayang, Bangka Belitung.

Dikatakan Staf Pengurangan Risiko Bencana (PRB) DMC Dompet Dhuafa Desi Edian Sari, terdapat 270 perwakilan relawan penanggulangan bencana yang berasal dari beragam daerah. Diharapkan dari gelaran acara ini, para peserta akan terus bersinergi dan meningkatkan kapasitas relawan penanggulangan bencana.

“Kegiatan ini merupakan ajang pertemuan relawan se-Indonesia sekaligus soft launch dan sosialisasi PKD (Penilaian Ketangguhan Desa) berbasis web. Sosialisasi PKD ini sedang dikembangkan untuk memberikan kemudahan dalam melakukan penilaian ketangguhan desa yang terintegrasi seluruh wilayah,” ujar Desi pada Sabtu, (12/10).

Desi bilang adapun beberapa materi yang dibahas selama kegiatan seperti tugas relawan PB, pembuatan jalur evakuasi, serta penulisan melalui media sosial. Selain itu akan ada kunjungan ke desa-desa terkait, pembersihan pantai dan penanaman pohon. (Ika)